Jika anda berandai-andai menjadi presiden Indonesia, maka pertanyaan jago geografi adalah
bagaimana anda sanggup mengelola negara kepulauan yang besar ini?.
Masyarakat seringkali tidak menyadai bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas memerlukan pendekatan yang berbeda dalam pembangunannya. Amerika Serikat dan Cina negara luas namun secara morfologi mereka yaitu daratan tidak ada maritim sebagai pemishah, coba lihat Indonesia. Makara mari sama-sama kita doakan biar presiden kita bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan menumkan metode-metode pembangunan yang sempurna di setiap wilayah.
bagaimana anda sanggup mengelola negara kepulauan yang besar ini?.
Masyarakat seringkali tidak menyadai bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas memerlukan pendekatan yang berbeda dalam pembangunannya. Amerika Serikat dan Cina negara luas namun secara morfologi mereka yaitu daratan tidak ada maritim sebagai pemishah, coba lihat Indonesia. Makara mari sama-sama kita doakan biar presiden kita bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan menumkan metode-metode pembangunan yang sempurna di setiap wilayah.
Luas dan bentuk wilayah NKRI tidak sanggup dipisahkan satu sama lain. luas mencakup daratan dan perairan khususnya laut. Dalam pembangunan, pemecahan problem luas dan bentuk wilayah berkaitan dengan kekerabatan antara sentra dan daerah, daerah dengan daerah dan region dengan region. Salah satu syarat utama dari pembangunan yaitu adanya jalur transportasi yang handal. Makara administrasi transportasi darat, maritim dan udara mutlak harus handal demi tercapainya pemerataan pembangunan Indonesia seutuhnya.
Transportasi udara di wilayah Indonesia merupakan pemecahan akan problem keterpencilan daerah. Penerbangan perintis harus dikembangkan khususnya di daerah yang sulit diakses dengan jalur darat atau pegunungan menyerupai di papua. Pertimbangan harga juga harus diperhatikan jangan hingga terlalu mahal.
Pembangunan transportasi darat di Jawa sangat cepat |
Di Pulau Jawa, pengembangan transportasi sanggup dikembangkan tiga-tiganya yaitu darat, maritim dan udara mengingat faktor pendukung yang banyak. Jalan darat mulai dari jalan kabupaten, propinsi, negara hingga jalan tol gencar dibangun di Jawa untuk mengakomodasi kecepatan mobilitas penduduk. Pelabuhan-pelabuhan besar sudah mulai dibangun dan bandara-bandara juga mulai ditambah. Di pulau Bali, Sumatera dan Kalimantan ketiga moda transportasi ini masih bisa dikembangkan namun di Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua moda transportasi yang masih bisa menjadi pertimbangan pengembangan secara geografis yaitu jalan raya dan penerbangan. Jalan raya dengan sarana dan prasaran transportasinya sanggup menjadi sarana peningkatna kehidupan ekonomi, sosial dan budaya dan integrasi nasional serta ketahanan regional. Bagi daerah perbatasan juga sanggup menjadi alat pencegah masuknya barang selundupan dari negara lain.
Pembangunan dan pengembangan perhubungan udara di daerah wilayah luas menyerupai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua terutama untuk mengakomodasi pengangkutan barang jasa sangat memerlukan percepatan dan itu sangat rasional. Perhubungan udara merupakan solusi pemecahan keterpencilan bagi kawasan-kawasan yang sulit dijangkau kanal jalan raya atau perairan.
Kondisi alam Papua membutuhkan moda transportasi udara yang handal |
Sumber dan Gambar:
Sumaatmadja, Nursid. Geografi Pembangunan.
Share This :
comment 0 comments
more_vert