Iklan

Tujuan Pembelajaran Geografi

Tujuan Pembelajaran Geografi
Geografi yakni salah satu pelajaran yang mengasyikan, bukan?. Seberapa penting sih pelajaran geografi itu?. Dalam buku Geography for life (1994) dijelaskan  setidaknya ada 4 alasan mengapa setiap orang perlu mempelajarai geografi:
http://www.meadowhead.sheffield.sch.uk/
1. Alasan Eksistensi (the extensional reason)
Semua mahluk hidup termasuk di dalamnya insan hidup dalam satu planet yang dinamakan Bumi. Manusia perlu memahami rumah dimana mereka hidup dan tinggal. Geografi sanggup menawarkan pemahaman dimana mereka, bagaimanapun bumi itu, dengan segala potensi dan keterbatasannya.
2. Alasan Etika (the ethical reason)
Sampai dikala ini atau sejauh kita ketahui bersama, bumilah satu-satunya planet tempat insan sanggup hidup. Bumi yakni planet yang gampang rusak (fragile), demikian pula kehidupan insan tidaklah abadi. Geografi menawarkan pengetahuan wacana bumi, baik secara fisik/alamiah maupun kehidupan yang ada di dalamnya. Manusia dan alam mempunyai ketergantungan satu sama lain  membentuk suatu sistem kehidupan. Pengetahuan-pengetahuan itu menjadi dasar untuk menyebarkan minat dan moral bagaimana bumi/alam/lingkungan harus dimanfaatkan.
3. Alasan Intelektual (the intellectual reason)
Geografi menyebarkan imajinasi dan keterampilan berfikir. Keunikan dan keragamana muka bumi baik secara fisik maupun kehidupannnya mendorong rasa ingin tahu (curiosity), menyebarkan inovasi dan penelitian. Pemahaman wacana tempat-tempat di aneka macam bagian bumi dengan segala aspek kehidupannya sanggup mengikis kepicikan (parochialism) dan etnosentrisme. Dengan mengamati aneka macam keragaman, keunikan, kesamaan, tempat sanggup menyebarkan kecerdasan insan dalam berperilaku di dalam ruang sehingga sanggup mengambil suatu keputusan secara bijak.
4. Alasan Mudah (the practical reason)
Pengetahuan wacana bumi, ruang, tempat dengan aneka macam potensi dan kendalanya sanggup menyebarkan keterampilan dalam mengelola, memanfaatkan, dan mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan perliaku keruangan dan pengembangan wilayah serta bisa memanfaatkan informasi-informasi geografis ibarat kawasan potensial dalam penyebaran penyakit, mengidentifikasi kawasan pasar, sentra produksi, sentra pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

Mengingat begitu luasnya tujuan yang terkandung dalam proses pembelajaran geografi, maka pembelajaran harus berorientasi pada:
1. permasalahan konkret yang terjadi di sekitar akseptor didik.
2. diadaptasi dengan kepentingan psikologis perkembangan anak didik.
3. peningkatan taraf hidup melalui  pengenalan dan pemanfaatan sumber daya.
4. harus berorientasi ke masa depan.
5.memberikan wawasan global, baik dalam bentuk peluang maupun tantangan.
Share This :