Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah
Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 wacana Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP dijadikan dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan mencakup standar: isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Standar-standar tersebut merupakan contoh dan kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah |
Penerapan standar nasional pendidikan merupakan serangkaian proses untuk memenuhi tuntutan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaannya diatur secara bertahap, terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam proses pemenuhan standar tersebut diharapkan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan acara pendidikan. Dan acara operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu.
Sekolah dipimpin oleh kepala sekolah yang mempunyai kiprah strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu: 1) mendorong timbulnya kemauan yang berpengaruh dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan penerima didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing; 2) menunjukkan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para penerima didik, serta menunjukkan dorongan, memacu dan bangkit di depan demi kemajuan dan menunjukkan wangsit dalam mencapai tujuan.
Untuk sanggup melaksanakan fungsinya tersebut di atas, Kepala Sekolah harus:
- memiliki taktik yang sempurna untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya;
- memiliki taktik yang sempurna untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kolaborasi atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam banyak sekali acara yang menunjang tujuan sekolah;
- memiliki hubungan sangat dekat dengan banyak sekali pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh agenda sekolah dan produktivitas sekolah;
- melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan;
- mampu menunjukkan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan kiprah secara proporsional;
- memiliki taktik yang sempurna untuk menjalin hubungan yang serasi dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, menunjukkan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan menyebarkan model-model pembelajaran yang inovatif;
- memiliki taktik yang sempurna untuk menunjukkan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan banyak sekali kiprah dan fungsinya; dan
- menjadi figur teladan yang sanggup dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun penerima didik;
Pelaksanaan kiprah pokok kepala sekolah harus sanggup diukur melalui evaluasi kinerja kepala sekolah. Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud meliputi:
- usaha pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah;
- peningkatan kualitas sekolah menurut 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan;
- perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya pelatihan dan bimbingan kepada guru;
- usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah.
Untuk melaksanakan kiprah pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja. Panduan kerja kepala sekolah ini menunjukkan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan kiprah pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pelatihan dan evaluasi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan.
BACA JUGA: RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru
Berdasarkan uraian di atas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, menunjukkan perhatian terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui penerbitan Panduan Kerja Kepala Sekolah.
Lebih jelas, lebih lengkap sanggup didownload di bawah ini:
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah | |
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah |
Demikian ulasan singkat tentang Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah biar bermanfaat.
Share This :
comment 0 comments
more_vert