Iklan

Rpp Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Rpp Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Edisi Revisi Terbaru

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Edisi Revisi Terbaru

Bapak dan Ibu guru SD (SD) untuk mempermudah melengkapi manajemen pembelajaran, berikut ini kami bagikan materi RPP Matematika untuk kelas 4 yang telah kami sesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Dan berikut ini kami sajikan salah satu rujukan bentuk RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2, sedangkan untuk kelengkapan materinya terdapat di simpulan posting ini. 
 untuk mempermudah melengkapi manajemen pembelajaran RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Edisi Revisi Terbaru
RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATEMATIKA

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Pelajaran
Sub Pelajaran
Pertemuan
Alokasi waktu
:
:
:
:
:
:
SD Negeri Indonesia
4 /2
Bangun Datar
Mengenal Bangun Datar
1
90 menit

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.9. Menjelaskan dan memilih keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta kekerabatan pangkat dua dengan akar pangkat dua
3.9.1. Menjelaskan arti dari persegi, persegi panjang, dan segitiga.
3.9.2. Memahami kekerabatan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.9. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.9.1. Menyelesaikan duduk masalah berkaitan dengan persegi, persegi panjang, dan segitiga memakai pangkat dua dan akar pangkat dua.
4.9.2. Menyelesaikan duduk masalah berkaitan dengan persegi, persegi panjang, dan segitiga.

C.    TUJUAN
  1. Melalu klarifikasi guru siswa bisa memahami arti  dari berdiri datar.
  2. Melalu klarifikasi guru siswa bisa menjelaskan tentang macam-macam berdiri datar.
  3. Melalui diskusi dan pengamatan siswa bisa mengidentifikasi banyak sekali berdiri datar persegi, persegi panjang, dan segitiga.
  4. Melalu klarifikasi guru siswa bisa menyebutkan sifat-sifat dari persegi, persegi panjang, dan segitiga.
  5. Melalu klarifikasi guru siswa bisa memahami rumus-rumus dari persegi, persegi panjang, dan segitiga.

D.    MATERI
  1. Bangun Datar

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek


F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas kiprah berguru dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa membaca materi wacana berdiri datar,

  1. Siswa mengamati klarifikasi guru wacana banyak sekali pengertian dan sifat berdiri datar.

B.     Menanya
  1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya wacana materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.     Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya wacana berdiri datar menyerupai persegi, persegi panjang, dan 4 jenis berdiri segitiga. (Gotong Royong, mandiri)
  2. Siswa menciptakan deskrisi wacana bangiun yang di
  3. Guru membimbing dan memperlihatkan pembenaran dan pengatan atas presentasi siswa
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham wacana acara yang akan dilakukan. (Creativity and Innovation)

D.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara ekspresi kepada teman-temanya wacana berdiri datar yang telah didiskusikan. (Comunicatian)
  2. Siswa memberikan manfaat berguru berdiri datar yang dilakukan secara ekspresi di depan sahabat dan guru.

65 menit
Kegiatan
Penutup
  1. Guru memperlihatkan penguatan materi wacana berdiri datar
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memperlihatkan motivasi untuk menambah semangat berguru siswa
  3. Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)

15 menit

G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk presentasi;
H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
  2. Kertas untuk mengambar berdiri datar
  3. Papan tulis
  4. Spidol
  5. Proyektor
  6. Laptop
  7. Aplikasi media ajar  kelas 4 SD/MI dari  Sci Media.

Catatan Guru
1. Masalah                   : ……….
2. Ide Baru                  : ………..
3. Momen Spesial        : ………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,



.....................................
NIP. .............................

.........................,           2018
Guru Matematika Kelas 4



........................................
NIP. ................................
 Baca juga: Materi Khusus Kelas 4 Kurikulum 2013 lainnya

Untuk kelengkapan materi RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Edisi Revisi Terbaru silahkan download di bawah ini.


Tertima kasih atas segala perhatian dan kunjungan, kami senantiasa tetap menunggu kunjungan berikutnya dan sertakan kritik, saran untuk membuatkan dunia pendidikan di negeri kita ini. Mohon maaf atas segala kekurangan supaya materi ini bermanfaat.

Share This :