RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
Di bawah ini yakni salah satu pola RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 yang telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasan dan Menengah.
RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan Kelas / Semester Pelajaran Sub Pelajaran Pertemuan Alokasi Waktu | : : : : : : | SD Negeri 1 4/2 Hubungan Antar Garis Pengertian dan Jenis Garis 1 90 menit |
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
- Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.10. Menjelaskan relasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret. | 3.10.1. Menjelaskan arti garis dan jenisnya |
4.10. Mengidentifikasi relasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret. | 4.10.1. Mengidentifikasi dan mengimplentasikan berbagai jenis garis |
C. TUJUAN
- Dengan bimbingan guru siswa bisa memahami arti garis dan jenisnya
- Dengan bimbingan guru siswa bisa mengetahui implementasi dari jenis garis
D. MATERI
- Pengertian dan jenis garis
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
| 10 menit |
Kegiatan Inti | A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar
D. Mengkomunikasikan Siswa mempresentasikan secara verbal kepada teman-temanya wacana garsis dan pola penggunaan di implementasi lapangan(Comunicatian) Siswa memberikan manfaat berguru secara verbal di depan sahabat dan guru. | 65 menit |
Kegiatan Penutup | Guru menawarkan penguatan materi wacana berdiri datar Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan menawarkan motivasi untuk menambah semangat berguru siswa Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri) Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) | 15 menit |
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian.
Butir soal;
Memahami penggunaan dan makna dari jenis jenis garis !
H. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
- BSE KTSP
- Papan tulis
- Software Pengajaran kelas 4 SD/MI dari JGC
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Baca juga: RPP Matematika Kelas 4 Semesater 2 Kurikulum 2013 wacana Sudut
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… | …………………, ............... Guru Matematika Kelas 4 , ……………………………… NIP…………………………. |
Lebih lengkap dan jelasnya silahkan download di bawah ini, sesuai pilihan kebutuhannya.
- 1. RPP Pengertian dan jenis garis.doc
- 2. RPP Hubungan antar garis.doc
- 3. RPP Sifat-sifat garis.doc
- 4. RPP Sudut yang terbentuk..doc
- 5. RPP Ujian Hubungan Antar Garis.doc
Mudah-mudahan materi ini sanggup membantu bapak dan ibu guru SD khususnya yang mengajar kelas 4, sehingga manajemen akan segera terlengkapi.
Share This :
comment 0 comments
more_vert