Iklan

Hesiodos - Penyair Populer Dari Yunani

Hesiodos - Penyair Populer Dari Yunani
The Dance of the Muses di Mount Helicon oleh Bertel Thorvaldsen (1807).
Hesiodos ( / ˈ h i i ə d / atau / ˈ h ɛ s i ə d / ; Yunani : Ἡσίοδος Hēsíodos) ialah seorang penyair Yunani yang umumnya dianggap oleh para mahir hidup antara 750 dan 650 SM, sekitar waktu yang sama mirip Homer.

Ia umumnya dianggap sebagai penyair pertama yang ditulis dalam tradisi Barat. Para penulis kuno memuji Hesiodos dan Homer dengan tetapkan kebiasaan agama Yunani.

Ulama modern merujuk kepadanya sebagai sumber utama mitologi Yunani, teknik pertanian, fatwa ekonomi awal (ia kadang kala dianggap sebagai ekonom pertama dalam sejarah), astronomi Yunani kuno dan peninggalan zaman kuno.


Kehidupan

Penanggalan kehidupan Hesiodos ialah dilema yang diperdebatkan di kalangan ilmiah.

Narasi epik memungkinkan penyair mirip Homer tidak mempunyai kesempatan untuk menulis cerita hidup mereka. Namun, karya Hesiodos yang masih ada terdiri dari beberapa puisi didaktik di mana ia membiarkan pendengarnya mengetahui beberapa rincian tengang hidupnya.

Ada tiga rujukan eksplisit dalam Works and Days, serta beberapa bab dalam Theogony-nya yang mendukung kesimpulan yang dibentuk oleh para sarjana.

Hesiodos menyampaikan bahwa ayahnya berasal dari Cyme di Aeolis (di pantai Asia Kecil, sedikit di sebelah selatan pulau Lesbos) dan menyeberangi maritim untuk menetap di sebuah dusun, dekat Thespiae di Boeotia, berjulukan Ascra, "tempat terkutuk, kejam di animo dingin, sulit di animo panas, tidak pernah menyenangkan" (Works 640).

Harta warisan Hesiodos di sana, sebidang kecil tanah di kaki Gunung Helikon, menjadikan tuntutan aturan dengan saudara laki-lakinya Perses, yang tampaknya, telah menipu beliau dari haknya yang sah berkat penguasa yang korup atau "raja" tetapi kemudian menjadi miskin dan karenanya mengomel dari penyair hemat (Works 35, 396.).

Tidak mirip ayahnya, Hesiodos menolak perjalanan laut, tetapi ia pernah melintasi selat sempit antara daratan Yunani dan Euboea untuk berpartisipasi dalam perayaan pemakaman untuk One Athamas of Chalcis, dan di sana ia memenangkan tripod dalam kompetisi menyanyi.

Ia juga menjelaskan pertemuan antara dirinya dan Muses di Gunung Helikon, di mana ia telah menggembalakan domba ketika para dewi menghadiahkannya staf laurel, simbol otoritas puitis (Theogony  22–35).

Beberapa mahir telah melihat Perses sebagai ciptaan sastra, sebuah foil untuk moralisasi yang dikembangkan Hesiodos dalam Works and Days, tetapi ada juga argumen yang menentang teori itu. Sebagai contoh, ini sangat umum untuk karya-karya aba-aba moral yang mempunyai pengaturan imajinatif, sebagai sarana untuk mendapat perhatian penonton, tetapi bisa jadi sulit untuk melihat bagaimana Hesiodos bisa bepergian di sekitar pedesaan menghibur orang-orang dengan narasi ihwal dirinya bila puisi itu dikenal sebagai fiktif.

Gregory Nagy, di sisi lain, melihat kedua Pérsēs ("perusak" dari πέρθω , pérthō ) dan Hēsíodos ("dia yang memancarkan suara" dari ἵημι , híēmi dan αὐδή , audḗ ) sebagai nama fiktif untuk persona puitis.

Mungkin tampak tidak biasa bahwa ayah Hesiodos bermigrasi dari Asia Kecil ke barat ke daratan Yunani, arah yang berlawanan dengan sebagian besar gerakan kolonial pada dikala itu, dan Hesiodos sendiri tidak memperlihatkan klarifikasi untuk itu.

Namun sekitar 750 SM, ada migrasi pedagang yang berlayar di maritim dari rumah asalnya di Cyme di Asia Kecil ke Cumae di Campania (koloni yang mereka bagi dengan Eubeaan), dan mungkin gerakannya di barat ada hubungannya dengan itu, alasannya ialah Euboea tidak jauh dari Boeotia, di mana ia karenanya membangun rumah dan keluarganya.

Asosiasi keluarga dengan Aeolian Cyme mungkin menjelaskan keakrabannya dengan mitos timur, terbukti dalam puisinya, meskipun dunia Yunani mungkin telah berbagi versinya sendiri.

Terlepas dari keluhan Hesiodos ihwal kemiskinan, kehidupan pertanian ayahnya mustahil terlalu tidak nyaman bila Works and Day ialah sesuatu yang harus dinilai, alasannya ialah ia menggambarkan rutinitas yeomanry makmur daripada petani.

Petaninya mempekerjakan seorang teman (Works and Days 370) serta pelayan (502, 573, 597, 608, 766), seorang pembajak yang energik dan bertanggung jawab dari tahun-tahun matang (469), Seorang budak pria untuk menutupi benih (441 –6), seorang pelayan perempuan untuk menjaga rumah (405, 602) dan tim kerja lembu dan keledai (405, 607).

Sarjana modern menduga bahwa Hesiodos mungkin telah berguru ihwal geografi dunia, khususnya katalog sungai di Theogony (337–45), mendengarkan laporan ayahnya ihwal pelayaran lautnya sendiri sebagai seorang pedagang.

Sang ayah mungkin berbicara dalam dialek Aeolian Cyme, tetapi Hesiodos mungkin tumbuh berbicara dengan bahasa Boeotian lokal, yang termasuk dalam kelompok dialek yang sama. Namun, sementara puisinya menampilkan beberapa Aeolisme, Bahasa dasarnya ialah dialek sastra utama dikala itu, Homer Ionian.

Mungkin saja Hesiodos menulis puisinya turun, atau mendiktekannya, daripada meneruskannya secara lisan, mirip rhapsodes — bila tidak kepribadian yang kini muncul dari puisi niscaya akan terdilusi melalui transmisi verbal dari satu rhapsode ke yang lain.

Pausanias menegaskan bahwa Boeotians memperlihatkan kepadanya sebuah tablet renta yang terbuat dari timbal di mana Karyanya terukir. Jika beliau menulis atau mendiktekan, itu mungkin sebagai derma untuk mengingat atau alasannya ialah beliau kurang percaya pada kemampuannya untuk menghasilkan puisi tanpa persiapan, mirip yang sanggup dilakukan rhapsoda terlatih.

Itu tentu saja tidak mencari ketenaran awet alasannya ialah para penyair di zamannya mungkin tidak mempunyai gagasan mirip itu untuk diri mereka sendiri. Namun, beberapa mahir menduga adanya perubahan skala besar dalam teks dan menghubungkannya dengan transmisi lisan. Mungkin ia menyusun ayat-ayatnya selama waktu menganggur di pertanian, pada animo semi sebelum panen Mei atau animo dingin.

Kepribadian di balik puisi tidak cocok dengan jenis "penarikan aristokrat" yang khas dari sebuah rhapsode tetapi sebaliknya "argumentatif, curiga, ironisnya lucu, hemat, suka peribahasa, waspada terhadap wanita."

Dia bergotong-royong seorang misoginis dari kaliber yang sama mirip para pujangga Semonides. Dia mirip Solon dalam keasyikannya dengan isu-isu kebaikan versus kejahatan dan "bagaimana seorang tuhan yang adil dan berkuasa sanggup membiarkan yang tidak adil untuk berkembang dalam kehidupan ini".

Dia mengingatkan Aristophanes  dalam penolakannya terhadap pendekar sastra epik yang diidealkan dan mendukung pandangan ideal petani. Namun fakta bahwa ia sanggup mengukuhkan raja-raja di Theogony (80. 430, 434) dan mencela mereka sebagai korup di Works and Days memperlihatkan bahwa ia sanggup mirip audiens mana pun yang dikarangnya.


Karya

Tiga karya Hesiodos yang masih bertahan: Works and Days, Theogony, dan Shield of Heracles. Karya-karya lain yang dikaitkan dengannya kini hanya ditemukan dalam fragmen.

Karya-karya dan fragmen yang masih hidup semuanya ditulis dalam meteran konvensional dan bahasa epik. Namun, Shield of Heracles kini diketahui palsu dan mungkin ditulis pada kala keenam SM.

Share This :