Dalam beberapa bulan ke depan, Ujian Nasional akan bergulir dan tentunya semua guru dan siswa tengah berkemas-kemas untuk menghadapinya. Dalam Ujian Nasional, semua kompetensi dasar dimasukan dalam butir soal dan tentunya siswa dituntut untuk merefresh lagi memorinya dari kelas X, XI sampai XII. Sebenarnya pola soal UN Geografi untuk SMA/MA tidak berubah dari tahun ke tahun, hanya mungkin redaksi atau referensi fenomenanya saja yang diganti. Wawasan siswa harus lebih diperdalam dengan banyak membaca dan berlatih soal. Saya punya scan soal UN Geografi Sekolah Menengan Atas tahun 2016 kemudian dari sobat aku di MGMP Geografi, Bu Surti (terimakasih telah berbagi) Silahkan didownload saja di bawah ini.
Selanjutnya berikut aku petakan jenis tipe soal UN Geografi Sekolah Menengan Atas berdasarkan Kompetensi Dasarnya dan teknik menjawabnya.
1. Konsep Geografi
- Siswa dituntut untuk bisa mengidentifikasi kata kunci dalam sebuah paragraf yang mengandung 10 konsep geografi IGI, prinsip, pendekatan dan aspek geografi. Berlatihlah menciptakan kalimat yang menyatakan setiap konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi berdasarkan IGI. Baca juga: Soal Latihan UN Konsep Geografi
2. Perkembangan Bumi
- Siswa harus bisa memahami teori terbentuknya jagat raya, tata surya, teori pergerakan lempeng dan bukti-buktinya. Bacalah teori-teori perihal pembentukan alam semesta, tata surya dan planet. Siswa juga harus bisa mengidentifikasi peta pergerakan benua berdasarkan teori continental drift, bukti-bukti pergerakan tersebut dan 3 tipe gerakan lempeng tektonik. Baca juga: Soal Latihan UN Materi Hidrosfer
3. Litosfer
- Siswa harus bisa mengidentifikasi terutama siklus batuan dan jenis-jenis batuan. Selain itu aktifitas vulkanisme dan tektonisme juga wajib dipahami beserta peta penyebaran gunung api. Dalam materi ini juga disisipkan mitigasi peristiwa geologi. Kamu harus membaca upaya-upaya evakuasi diri dari ancaman peristiwa geologi. Selain itu kau harus melihat peta sebaran jenis tanah di Indonesia dan faktor pembentukannya.
4. Atmosfer
- Siswa harus bisa memahami karakteristik atmosfer baik itu lapisannya, unsur cuaca iklim dan ciri-ciri iklim berdasarkan pembagian terstruktur mengenai tertentu. Biasanya juga muncul perihal awan, atau peta monsun Indonesia. Baca juga: Soal Latihan UN Kependudukan
5. Hidrosfer
- Siswa harus bisa memahami siklus air, pola anutan sungai dan arus bahari di dunia. Pelajarilah istilah-istilah yang terdapat di kepingan ini.
6. Biosfer
- Siswa harus bisa menjelaskan perihal peta penyebaran tumbuhan fauna di Indonesia, dunia dan bioma. Cobalah sering baca referensi hewan-hewan khas/endemik di setiap zona. Sering juga muncul peta sebaran tutupan hutan Indonesia dari barat ke timur.
7. Kependudukan
- Siswa harus bisa memahami perihal faktor-faktor dinamika penduduk dan referensi fenomenanya. Kamu juga harus memahami efek dari fenomena kependudukan ibarat migrasi, bonus demografi, atau ledakan penduduk bagi kehidupan. Piramida penduduk juga muncul di soal tahun lalu.
8. Sumber Daya Alam
- Siswa harus bisa mengidentifikasi peta sebaran materi galian di setiap pulau di Indonesia. Lihatlah kembali peta sebaran tambang di Indonesia.
9. Lingkungan Hidup
- Siswa harus memahami perihal konsep pembangunan berkelanjutan dan referensi kegiatannya di lapangan.
10. Peta dan Pemetaan
- Siswa harus bisa menyimpulkan sebuah fenomena dari beberapa peta tematik. Berlatihlah menganalisa peta tersebut di kelas. Pemahaman perihal skala peta juga sering muncul (memperbesar/memperkecil peta). Sering muncul juga menghitung titik pada peta topografi. Berlatihlah kembali perihal garis kontur.
11. Industri
- Siswa harus bisa menganalisa faktor lokasi industri pada sebuah peta.
12. Inderaja
- Siswa diminta untuk menyimpulkan sebuah fenomena dari beberapa unsur spasial yang muncul di soal. Selain itu pemanfaatan inderaja di banyak sekali bidang juga sering muncul.
13. SIG
- Siswa harus memahami kunggulan dan kelemahan SIG beserta pemanfaatannya di kehidupan. Perangkat-perangkat SIG juga harus dipahami.
14. Desa Kota
- Siswa harus bisa memahami pola interaksi desa kota dan dampaknya. Selain itu karakteristik perkembangan desa juga sering muncul. Pola keruangan kota Sektoral, Hoyt juga bisa muncul. Berlatihlah kembali memakai teori titik henti.
15. Pewilayahan
- Siswa harus bisa memahami perihal konsep sentra pertumbuhan dan faktor-faktorya. Pola pengembangan wilayah juga harus dipelajari dengan baik. Penyebaran sentra pertumbuhan di Indonesia juga harus dipahami dengan baik.
16. Negara
- Siswa harus bisa mengidentifikasi penyebaran negara maju dan berkembang di dunia. Selain itu karakteristiknya juga harus dipahami dengan baik. Berlatihlah dengan santunan peta untuk melihat lokasi negara-negara di dunia.
Baca juga:
Pembahasan SBMPTN Geo 2014
Cara jawab soal pendekatan geografi di UN
Contoh soal studi kasus geografi di UN dan jawabannya
Baca juga:
Pembahasan SBMPTN Geo 2014
Cara jawab soal pendekatan geografi di UN
Contoh soal studi kasus geografi di UN dan jawabannya
Share This :
comment 0 comments
more_vert