Iklan

Uranus (Mitologi) - Tuhan Langit

Uranus (Mitologi) - Tuhan Langit
Uranus ( / ˈ jʊər ə n ə s , j ʊəˈr eɪ n ə s / ; Yunani Kuno Οὐρανός , Ouranos [uranós] yang berarti " langit " atau " nirwana ") ialah tuhan Yunani utama yang mewujudkan langit.


Namanya dalam mitologi Romawi ialah Caelus. Dalam literatur Yunani Kuno, Uranus atau Father Sky ialah putra dan suami Gaia, Ibu Pertiwi.

Menurut Hesiod 's Theogony, Uranus dikandung oleh Gaia sendiri, tetapi sumber lain menyebut Aether sebagai ayahnya. Uranus dan Gaia ialah orang renta dari generasi pertama Titan, dan leluhur dari sebagian besar tuhan Yunani, tetapi tidak ada sekte yang ditujukan eksklusif ke Uranus yang bertahan sampai zaman Klasik, dan Uranus tidak muncul di antara tema-tema biasa.

Etimologi

Etimologi yang paling mungkin menelusuri nama menjadi bentuk Proto-Yunani * worsanós (Ϝορσανός) diperbesar dari * ṷorsó- (juga ditemukan dalam bahasa Yunani ouréō 'untuk buang air kecil', Sansekerta varṣá 'hujan', Hittite ṷarša- 'kabut, kabut ').

Akar Indo-Eropa dasar ialah * ṷérs- 'untuk hujan, melembabkan' (juga ditemukan dalam eérsē Yunani 'embun', Sansekerta várṣati 'hujan', Avestan aiβi. Varəšta  'hujan pada'), membuat Ouranos yang 'rainmaker'.

Kemungkinan etimologi ialah turunan dengan makna 'yang berdiri di atas' dari PIE * ṷérso- (lih. Sansekerta várṣman 'tinggi, atas', 'puncak, dingklik tertinggi' Lithuania Lithuania, tinggi verx Rusia ', top ').

Penting dalam studi perbandingan mitologi Indo-Eropa ialah identifikasi oleh Georges Dumézil (1934) dari Uranus dengan tuhan Veda Váruṇa ( Mitanni Aruna ), tuhan langit dan air, tetapi persamaan etimologis dianggap tidak dapat dipertahankan.

Genealogi

Dalam Theogony Hesiod, Uranus ialah keturunan Gaia, dewi bumi. Alcman dan Callimachus menjelaskan bahwa Uranus ialah ayah dari Aether, tuhan cahaya surgawi dan udara atas.

Di bawah dampak para filsuf, Cicero, di De Natura Deorum ("Mengenai Hakikat Para Dewa"), mengklaim bahwa ia ialah keturunan dewa-dewa kuno Aether dan Hemera, Air dan Hari. Menurut Hymne Orphic, Uranus ialah putra Nyx , personifikasi malam. Uranus ialah saudara Pontus, Dewa laut.

Keturunan Gaia dan Uranus
Menurut Hesiod 's Theogony , Uranus dikawinkan dengan Gaia untuk membuat dua belas Titan : Oceanus , Coeus , Crius , Hyperion , Iapetus , Theia , Rhea , Themis , Mnemosyne , Phoebe , Tethys dan Cronus ; Cyclopes : Brontes, Steropes dan Arges ; dan Hecatoncheires ("Hundred-Handed Ones"): Cottus, Briareos, dan Gyges.

Lebih lanjut, berdasarkan Theogony , dikala Cronus mengebiri Uranus, dari darah Uranus, yang berceceran ke bumi, muncul Erinyes (Furies), the Giants, dan Meliae.

Juga, berdasarkan Theogony, Cronus melemparkan alat kelamin yang terputus ke laut, di mana busa berkembang dan bermetamorfosis dewi Aphrodite, meskipun berdasarkan Homer, Aphrodite ialah putri Zeus dan Dione.

Mitos Penciptaan

Mitologi Yunani
Dalam mitos penciptaan Olympian, menyerupai yang Hesiod katakan dalam Theogony, Uranus tiba setiap malam untuk menutupi bumi dan kawin dengan Gaia, tetapi beliau membenci bawah umur yang melahirkannya. Hesiod menamai enam putra pertama dan enam putri mereka dengan Titans, tiga raksasa seratus raksasa Hekatonkheires, dan raksasa bermata satu Cyclopes.

Uranus memenjarakan bawah umur termuda Gaia di Tartarus , jauh di dalam Bumi, di mana mereka mengakibatkan rasa sakit pada Gaia. Dia membentuk sabit besar berbilah kerikil api dan meminta putra-putranya untuk mengebiri Uranus.

Hanya Cronus, yang termuda dan paling ambisius dari para Titan, yang bersedia: beliau menyergap ayahnya dan mengebiri dia, melemparkan buah zakar yang sudah putus ke laut.

Untuk tindakan menyeramkan ini, Uranus memanggil putranya Titanes Theoi , atau " Godaan Tegang." Dari darah yang tumpah dari Uranus ke Bumi muncul Raksasa , Erinyes ( Pembalasan  dendam), Meliae ( nyanyian pohon ash), dan, berdasarkan beberapa, Telchines. Dan dari bahari muncul Aphrodite.

Penyair Alexandria yang sudah dikenal Callimachus melaporkan bahwa sabit yang dikeringkan telah dikubur di bumi di Zancle di Sisilia, tetapi orang Yunani yang dijajah , Pausanias  diberitahu bahwa sabit itu dilempar ke bahari dari tanjung bersahabat Bolina , tidak jauh dari Argyra di pantai Achaea , sedangkan sejarawan Timaeus  menempatkan sabit di Corcyra; Corcyrans diklaim sebagai keturunan Phaeacia yang sepenuhnya legendaris yang dikunjungi Odysseus , dan sekitar tahun 500 SM, seorang mitos Yunani, Acusilaus , mengklaim bahwa bangsa Phaeacian telah bermunculan dari darah pengebirian Uranus.

Setelah Uranus digulingkan, Cronus  memenjarakan kembali Hekatonkheires dan Cyclopes di Tartarus. Uranus dan Gaia kemudian menubuatkan bahwa Cronus pada gilirannya ditakdirkan untuk digulingkan oleh putranya sendiri, dan akhirnya Titan berusaha untuk menghindari nasib ini dengan melahap mudanya. Zeus , melalui penipuan oleh ibunya Rhea , menghindari nasib ini.

Mitos-mitos kuno ihwal asal-usul yang jauh ini tidak diekspresikan dalam pemujaan di antara Hellenes. Fungsi Uranus ialah sebagai tuhan yang ditaklukkan dari masa penatua, sebelum waktu faktual dimulai.

Setelah pengebirian, Sky tiba tidak lagi untuk menutupi Bumi di malam hari, tetapi berpegang pada tempatnya, dan "permulaan orisinil berakhir" (Kerényi). Uranus hampir tidak dianggap sebagai antropomorfik, selain dari genitalia dalam mitos pengebirian.

Dia hanya langit, yang dikandung oleh orang dahulu sebagai kubah atau atap dari perunggu, diadakan di daerah (atau dihidupkan sumbu) oleh Titan Atlas.

Dalam ungkapan-ungkapan formula dalam puisi-puisi Homeric, ouranos  kadang kala merupakan alternatif bagi Olympus sebagai rumah kolektif para dewa; Kejadian yang terang akan menjadi momen di Iliad 1.495, dikala Thetis naik dari bahari untuk memohon kepada Zeus: "dan di pagi hari beliau berdiri untuk menyambut Ouranos-dan-Olympus dan beliau menemukan putra Kronos ..."

William Sale menyatakan bahwa "... ' Olympus ' hampir selalu dipakai untuk [rumah dewa-dewa Olympian ], tetapi ouranos sering mengacu pada langit alami di atas kita tanpa ada sugesti bahwa para dewa, secara kolektif tinggal di sana".

Penjualan menyimpulkan bahwa daerah awal para tuhan ialah Gunung Olympus yang  sebenarnya, dari mana tradisi epik pada masa Homer telah memindahkan mereka ke langit, ouranos . Pada masa keenam, dikala seorang "Aphrodite surgawi" ( Aphrodite Urania ) harus dibedakan dari "Aphrodite umum dari orang-orang", ouranos membuktikan murni lingkup selestial itu sendiri.

Mitologi Hurrian
Mitos penciptaan Yunani menyerupai dengan mitos penciptaan Hurrian. Dalam agama Hurrian Anu ialah tuhan langit. Putranya Kumarbis menggigit kemaluannya dan menyemburkan tiga dewa, salah satunya, Teshub , kemudian memecat Kumarbis. Dalam mitologi Sumeria dan kemudian untuk Asyur dan Babylonia , Anu ialah tuhan langit dan mewakili aturan dan ketertiban.

Ada kemungkinan bahwa Uranus pada mulanya ialah tuhan Indo-Eropa , untuk diidentifikasi dengan Veda Váruṇa , penjaga urutan tertinggi yang kemudian menjadi tuhan lautan dan sungai, menyerupai yang disarankan oleh Georges Dumézil, mengikuti petunjuk di Émile Durkheim  , Bentuk Dasar Kehidupan Beragama  (1912).

Teori Dumézil lainnya ialah bahwa Dewa Tertinggi Iran Ahura Mazda  ialah pengembangan dari Indo-Iran * vouruna- mitra. Oleh alasannya itu, keilahian ini juga mempunyai kualitas Mitra , yang merupakan tuhan hujan yang turun.

Uranus dan Váruṇa
Uranus terhubung dengan langit malam, dan Váruṇa ialah tuhan langit dan samudra langit, yang terhubung dengan Bima Sakti. Putrinya, Lakshmi dikatakan berasal dari lautan susu, mitos yang menyerupai dengan mitos Aphrodite.

Georges Dumézil membuat kasus yang hati-hati untuk identitas Uranus dan Vedic Váruṇa di tingkat budaya Indo-Eropa yang paling awal. Identifikasi Dumedz dari unsur-unsur mitis yang dimiliki oleh kedua tokoh tersebut, yang sangat bergantung pada penafsiran linguistik, tetapi tidak menempatkan asal yang sama, diambil oleh Robert Graves dan yang lainnya.

Identifikasi nama Ouranos dengan Hindu Váruṇa, sebagian didasarkan pada akar PIE yang  diasumsikan * -ŭer dengan perasaan "mengikat" —banyak raja tuhan Váruṇa mengikat tuhan raja kuno yang jahat, Uranus mengikat Cyclopes, yang telah menyiksanya.

Etimologi yang paling mungkin ialah dari Proto-Yunani * (F) orsanόj (worsanos) dari akar PIE * ers "untuk melembabkan, menetes" (mengacu pada hujan).

Konteks budaya kerikil api
Detail dari sabit yang menjadi kerikil api daripada perunggu atau bahkan besi dipertahankan oleh mitos Yunani (meskipun diabaikan oleh orang-orang Romawi). Flints yang dipukul sebagai ujung-ujung tajam dipasang pada sabit kayu atau tulang di Neolitik akhir, sebelum dimulainya Zaman Perunggu.

Sajak semacam itu mungkin bertahan paling usang dalam konteks ritual di mana logam dianggap tabu, tetapi detailnya, yang dipertahankan oleh orang Yunani klasik, mengatakan keantikan mitos itu.

Planet Uranus

Orang-orang Yunani dan Romawi kuno hanya tahu lima 'bintang berkeliaran' ( bahasa Yunani : πλανήται , planētai ): Merkurius , Venus , Mars , Jupiter , dan Saturnus.

Setelah inovasi planet keenam pada 1781 memakai teleskop, ada ketidaksepakatan jangka panjang mengenai namanya. Penemunya William Herschel  menamakannya Georgium Sidus (The Georgian Star) sehabis monarchnya George III.

Ini ialah nama yang disukai oleh para astronom Inggris, tetapi yang lain menyerupai yang disukai orang Prancis "Herschel". Akhirnya, nama Uranus  diterima pada pertengahan masa ke-19, menyerupai yang disarankan oleh astronom Johann Bode sebagai perhiasan logis untuk nama-nama planet yang ada, alasannya Mars ( Ares dalam bahasa Yunani), Venus, dan Merkurius ialah bawah umur Jupiter, Jupiter ( Zeus dalam bahasa Yunani) putra Saturnus, dan Saturnus ( Cronus dalam bahasa Yunani) putra Uranus. Apa yang abnormal ialah bahwa, sementara yang lain mengambil nama Romawi, Uranus  ialah nama yang berasal dari Yunani berbeda dengan Roman Caelus.
Share This :