Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses menyerupai mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Dalam melakukan proses-proses tersebut, diharapkan derma guru. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran disajikan sebagai berikut:
1. Mengamati
Mengamati (observasi) Langkah mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Adapun kompetensi yang diharapkan ialah melatih kesungguhan, ketelitian, dan mencari informasi.
2. Menanya
Dalam aktivitas mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada penerima didik untuk mengajukan pertanyaan saintifik (cirinya : jawabannya membutuhkan isu lebih lanjut, perhitungan, dan pengukuran) bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat
3. Mengumpulkan Informasi
Kegiatan “mengumpulkan informasi” merupakan tindak lanjut dari bertanya. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan isu dari banyak sekali sumber melalui banyak sekali cara.
4. Mengasosiasi
Kegiatan ini dalam aktivitas pembelajaran ialah memproses isu yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil aktivitas mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi.
5. Menarik Kesimpulan
Kegiatan menyimpulkan dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan kelanjutan dari aktivitas mengolah data atau isu berupa temuan saintifik
6. Mengomunikasikan
Pada pendekatan scientific guru diharapkan memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan ini sanggup dilakukan melalui menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam aktivitas mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola.
Penerapan pendekatan saintifik dilakukan sesudah dirancang dalam aktivitas pembelajaran yang mencakup tiga aktivitas pokok, yaitu aktivitas pendahuluan, aktivitas inti, dan aktivitas penutup. Dalam pendekatan saintifik tujuan utama aktivitas pendahuluan ialah memantapkan pemahaman penerima didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan bahan pelajaran gres yang akan dipelajari oleh penerima didik.
Kegiatan inti merupakan aktivitas utama dalam proses pembelajaran atau dalam proses penguasaan pengalaman mencar ilmu (learning experience) penerima didik. Kegiatan epilog ditujukan untuk dua hal pokok. Pertama, validasi terhadap konsep, aturan atau prinsip yang telah dikonstruk oleh penerima didik. Kedua, pengayaan bahan pelajaran yang dikuasai penerima didik.
Gambar: disini
Alur pembelajaran saintifik |
1. Mengamati
Mengamati (observasi) Langkah mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Adapun kompetensi yang diharapkan ialah melatih kesungguhan, ketelitian, dan mencari informasi.
2. Menanya
Dalam aktivitas mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada penerima didik untuk mengajukan pertanyaan saintifik (cirinya : jawabannya membutuhkan isu lebih lanjut, perhitungan, dan pengukuran) bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat
3. Mengumpulkan Informasi
Kegiatan “mengumpulkan informasi” merupakan tindak lanjut dari bertanya. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan isu dari banyak sekali sumber melalui banyak sekali cara.
4. Mengasosiasi
Kegiatan ini dalam aktivitas pembelajaran ialah memproses isu yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil aktivitas mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi.
5. Menarik Kesimpulan
Kegiatan menyimpulkan dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan kelanjutan dari aktivitas mengolah data atau isu berupa temuan saintifik
6. Mengomunikasikan
Pada pendekatan scientific guru diharapkan memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan ini sanggup dilakukan melalui menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam aktivitas mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola.
Penerapan pendekatan saintifik dilakukan sesudah dirancang dalam aktivitas pembelajaran yang mencakup tiga aktivitas pokok, yaitu aktivitas pendahuluan, aktivitas inti, dan aktivitas penutup. Dalam pendekatan saintifik tujuan utama aktivitas pendahuluan ialah memantapkan pemahaman penerima didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan bahan pelajaran gres yang akan dipelajari oleh penerima didik.
Kegiatan inti merupakan aktivitas utama dalam proses pembelajaran atau dalam proses penguasaan pengalaman mencar ilmu (learning experience) penerima didik. Kegiatan epilog ditujukan untuk dua hal pokok. Pertama, validasi terhadap konsep, aturan atau prinsip yang telah dikonstruk oleh penerima didik. Kedua, pengayaan bahan pelajaran yang dikuasai penerima didik.
Gambar: disini
Share This :
comment 0 comments
more_vert