Iklan

Retorika - Pengertian Seni Berbicara

Retorika - Pengertian Seni Berbicara
Retorika ialah seni berbicara, di mana seorang penulis atau pembicara berusaha untuk menginformasikan, membujuk atau memotivasi khalayak tertentu dalam situasi tertentu. Bisa juga dalam bentuk visual; sebagai subjek studi formal dan praktik sipil yang produktif, retorika telah memainkan kiprah sentral dalam tradisi Eropa.

Seseorang yang sedang berpidato
Definisi terbaiknya berasal dari Aristoteles, yang menganggapnya sebagai tandingan dari nalar dan politik, dan menyebutnya "kemampuan untuk menentukan dan memakai bahasa dalam situasi tertentu secara efektif untuk mempersuasi orang lain".

Retorika biasanya memperlihatkan heuristik untuk memahami, menemukan, dan mengembangkan argumen untuk situasi tertentu, ibarat tiga istilah persuasif, logo, pathos, dan etos karya Aristoteles.

Lima aturan (kanon) retorika, yang menelusuri tugas-tugas tradisional dalam merancang pidato yang persuasif, pertama kali dikodifikasikan dalam Roma klasik: penemuan, pengaturan, gaya, ingatan, dan penyampaian. Seiring dengan tata bahasa dan nalar (atau dialektika), retorika ialah salah satu dari tiga seni kuno berbicara.

Dari Yunani Kuno hingga simpulan era ke-19, itu ialah bab sentral dari pendidikan Barat, mengisi kebutuhan untuk melatih pembicara dan penulis di depan publik untuk menggerakkan penonton dalam bertindak dengan argumen yang mereka bawakan.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani ῥητορικός rhētorikós , "oratorical", dari ῥήτωρ rhḗtōr , "pembicara publik", terkait dengan ῥῆμα rhêma , "yang dikatakan atau diucapkan, kata, mengatakan", dan akibatnya berasal dari kata kerja ἐρῶ erō , "Saya katakan, saya berbicara".


Penggunaan Retorika

Cakupan
Para ilmuwan telah memperdebatkan lingkup retorika semenjak zaman kuno. Meskipun beberapa mempunyai retorika terbatas pada bidang wacana politik tertentu, banyak sarjana modern yang membebaskannya untuk meliputi setiap aspek budaya.

Studi kontemporer ihwal retorika membahas domain yang jauh lebih bermacam-macam daripada yang terjadi di zaman kuno. Sementara pembicara retorika klasik terlatih untuk menjadi pembujuk yang efektif dalam lembaga dan lembaga publik ibarat ruang sidang dan majelis, retorika kontemporer menyelidiki wacana insan yang ditulis besar.

Retorika telah mempelajari wacana dari banyak sekali macam domain, termasuk ilmu alam dan sosial, seni rupa, agama, jurnalisme, media digital, fiksi, sejarah, kartografi, dan arsitektur, bersama dengan domain yang lebih tradisional dari politik dan hukum.

Banyak pendekatan kontemporer memperlakukan retorika sebagai komunikasi insan yang meliputi manipulasi simbol yang bertujuan dan strategis. Hubungan masyarakat, lobi, hukum, pemasaran, penulisan profesional dan teknis, dan iklan ialah profesi modern yang mempekerjakan para praktisi retoris.

Karena orang-orang Yunani kuno sangat menghargai partisipasi politik publik, retorika muncul sebagai alat penting untuk menghipnotis politik. Akibatnya, retorika tetap terkait dengan asal-usul politiknya.

Namun, bahkan para pelatih orisinil dari pembicara Barat - kaum Sofis - membantah pandangan retorika yang terbatas ini. Menurut kaum Sofis, ibarat Gorgias, spesialis retorika yang berhasil berbicara dengan meyakinkan ihwal topik apa pun, terlepas dari pengalamannya di bidang itu.

Metode ini menyarankan retorika bisa menjadi sarana mengkomunikasikan keahlian apa pun, bukan hanya politik. Dalam Encomium to Helen-nya, Gorgias bahkan menerapkan retorika ke dalam fiksi dengan mencari kesenangannya sendiri untuk mengambarkan ketidaksalahannya Helen dalam memulai Perang Troya (Mitologi Troy).

Melihat pada teoritikus retoris kunci lainnya, Plato mendefinisikan lingkup retorika berdasarkan pendapat negatifnya ihwal seni. Dia mengkritik kaum Sofis alasannya ialah memakai retorika sebagai alat kebijaksanaan wangi daripada menemukan kebenaran.

Dalam "Gorgias," salah satu Dialog Sokrates nya, Plato mendefinisikan retorika sebagai persuasi massa jahil dalam pengadilan dan majelis. Retorika, berdasarkan pendapat Plato, hanyalah bentuk sanjungan dan fungsinya sama dengan masakan, yang menutupi ketidaksempurnaan makanan yang tidak sehat dengan membuatnya terasa enak. Dengan demikian, Plato menganggap pidato prosa panjang yang ditujukan untuk sanjungan sebagai lingkup retorika.

Aristoteles sama-sama menarik kesimpulan ihwal retorika dari gurunya dan mempersempit fokusnya dengan mendefinisikan tiga genre retorika — deliberatif, forensik atau yudisial, dan epideritik.

Namun, bahkan ketika ia memperlihatkan perintah untuk teori retorika yang ada, Aristoteles memperluas definisi retorika, menyebutnya sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi sarana persuasi yang tepat dalam situasi tertentu, sehingga membuat retorika berlaku untuk semua bidang, bukan hanya politik.

Ketika orang menganggap retorika itu termasuk penyiksaan (dalam arti bahwa praktik penyiksaan ialah bentuk persuasi atau paksaan), terang bahwa retorika tidak sanggup dilihat hanya dalam istilah akademis. Namun, entimem berdasarkan nalar (terutama, berdasarkan silogisme) dipandang sebagai dasar retorika.

Namun, semenjak zaman Aristoteles, nalar telah berubah. Sebagai contoh, nalar Modal telah mengalami perkembangan besar yang juga memodifikasi retorika. Namun, Aristoteles juga menguraikan hambatan generik yang memusatkan seni retoris tepat di dalam domain praktik politik publik. Ia membatasi retorika ke ranah kontingen atau kemungkinan: hal-hal yang mendapatkan banyak pendapat atau argumen yang sah.

Posisi neo-Aristoteles dan neo-Sofis kontemporer pada retorika mencerminkan pembagian antara kaum Sofis dan Aristoteles. Neo-Aristoteles umumnya mempelajari retorika sebagai wacana politik, sementara pandangan neo-Sofis beropini bahwa retorika tidak hanya sebatas politik.

Sarjana retorik Michael Leff mencirikan konflik antara posisi-posisi ini dengan melihat retorika sebagai "sesuatu yang terkandung" versus "wadah". Pandangan neo-Aristotelian mengancam studi retorika dengan menahannya ke bidang terbatas ibarat itu, mengabaikan banyak aplikasi kritis teori retoris, kritik, dan praktik. Bersamaan dengan itu, neo-Sofis mengancam untuk memperluas retorika melampaui titik nilai teoritis yang koheren.

Selama beberapa era yang lalu, orang-orang yang mempelajari retorika cenderung memperbesar domain objeknya di luar teks pidato. Kenneth Burke menegaskan insan memakai retorika untuk menuntaskan konflik dengan mengidentifikasi karakteristik dan minat bersama dalam simbol.

Secara alami, insan terlibat dalam identifikasi, baik untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri atau individu lain dengan kelompok. Definisi retorika sebagai identifikasi ini memperluas ruang lingkup dari persuasi politik strategis dan terbuka ke taktik identifikasi yang lebih implisit yang ditemukan dalam banyak sekali sumber yang sangat besar.

Di antara banyak sarjana yang semenjak itu mengejar pemikiran Burke, James Boyd White melihat retorika sebagai domain pengalaman sosial yang lebih luas dalam gagasan retorika konstitutifnya.

Dipengaruhi oleh teori-teori konstruksi sosial, White beropini bahwa budaya "dibentuk kembali" melalui bahasa. Sama ibarat bahasa menghipnotis orang, orang menghipnotis bahasa.

Bahasa dibangun secara sosial, dan bergantung pada makna yang dilekatkan orang kepadanya. Karena bahasa tidak kaku dan berubah tergantung pada situasi, penggunaan bahasa sangat retoris. Seorang penulis, White mengatakan, selalu berusaha membangun dunia gres dan membujuk pembacanya untuk membuatkan dunia tersebut di dalam teks.

Individu terlibat dalam proses retoris kapan pun mereka berbicara atau menghasilkan makna. Bahkan di bidang sains, praktik yang dulunya dipandang hanya sebagai pengujian dan pelaporan pengetahuan yang obyektif, para ilmuwan harus membujuk audiens mereka untuk mendapatkan temuan mereka dengan memperlihatkan secara cukup bahwa penelitian atau eksperimen yang mereka lakukan dengan andal dan menghasilkan bukti yang cukup untuk mendukung kesimpulan mereka.

Ruang lingkup retorika yang luas sulit untuk didefinisikan; Namun, wacana politik tetap, dalam banyak hal, tumpuan paradigmatik untuk mempelajari dan berteori ihwal teknik tertentu dan konsepsi persuasi, dianggap oleh banyak orang sebagai sinonim dari "retorika."

Sebagai seni sipil
Sepanjang Sejarah Eropa, retorika telah memusatkan perhatiannya pada persuasi dalam pengaturan publik dan politik ibarat majelis dan pengadilan.

Karena keterkaitannya dengan lembaga-lembaga demokratis, retorik biasanya berkembang di masyarakat terbuka dan demokratis dengan hak kebebasan berbicara, kebebasan berserikat, dan kontribusi hak politik bagi sebagian penduduk.

Mereka yang mengklasifikasikan retorika sebagai seni sipil percaya bahwa retorika mempunyai kekuatan untuk membentuk komunitas, membentuk sikap warga dan sangat menghipnotis kehidupan sipil.

Retorika dipandang sebagai seni sipil oleh beberapa filsuf kuno. Aristoteles dan Isokrates ialah dua orang pertama yang melihat retorika dalam cahaya ini.

Dalam karyanya, Antidosis, Isokrates menyatakan, "Kami tiba bersama-bersama dan mendirikan kota kemudian membuat undang-undang dan membuat seni; dan, secara umum, tidak ada institusi yang dirancang oleh insan yang kekuatannya tidak membantu kami untuk membangun."

Dengan pernyataan ini ia beropini bahwa retorika ialah bab mendasar dari kehidupan sipil di setiap masyarakat dan bahwa itu diharapkan dalam fondasi semua aspek masyarakat.

Dia lebih jauh menyatakan dalam karyanya Melawan Kaum Sofis bahwa retorika, meskipun tidak sanggup diajarkan kepada sembarang orang, bisa membentuk aksara manusia. Dia menulis, "Saya pikir studi wacana politik sanggup membantu lebih dari hal-hal lain untuk menstimulasi dan membentuk kualitas aksara ibarat itu."

Aristoteles, menulis beberapa tahun sesudah Isocrates, mendukung banyak argumennya dan terus membuat argumen bahwa retorika sebagai seni sipil.

Menurut Aristoteles, seni persuasi ini sanggup dipakai dalam pengaturan publik dalam tiga cara berbeda. Dia menulis dalam Buku I, Bab III, "Seorang anggota majelis memutuskan ihwal insiden masa depan, seorang juri ihwal insiden masa lalu: sementara mereka yang hanya memutuskan keterampilan orator ialah pengamat. Dari sini sanggup disimpulkan bahwa ada tiga divisi oratori - (1) politik, (2) forensik, dan (3) upacara upacara tampilan ".

Eugene Garver, dalam kritiknya terhadap "Retorika Aristoteles", menegaskan bahwa Aristoteles memandang retorika sebagai seni sipil.

Garver menulis, "Retoris mengartikulasikan seni retorika masyarakat, menggabungkan sifat-sifat yang hampir tidak kompatibel dari teknologi dan kesesuaian kepada warga." Setiap divisi Aristoteles memainkan kiprah dalam kehidupan sipil dan sanggup dipakai dengan cara yang berbeda untuk menghipnotis kota.

Karena retorika ialah seni publik yang bisa membentuk opini, beberapa orang termasuk Plato menemukan kesalahan di dalamnya. Mereka mengklaim bahwa selain sanggup dipakai untuk meningkatkan kehidupan sipil, itu juga sanggup dipakai dengan mudahnya untuk menipu atau memanipulasi imbas negatif pada kota.

Massa tidak bisa menganalisis atau memutuskan sesuatu sendiri dan karenanya akan terpengaruh oleh pidato yang paling persuasif. Dengan demikian, kehidupan bermasyarakat bisa dikendalikan oleh orang yang bisa memberikan pidato terbaik.

Plato mengeksplorasi status moral yang bermasalah dari retorika dua kali: di Gorgias, sebuah obrolan yang dinamakan untuk Sofis yang terkenal, dan di The Phaedrus, obrolan yang paling dikenal alasannya ialah komentarnya ihwal cinta.  Kepedulian ini masih dipertahankan hingga ketika ini.

Lebih percaya pada kekuatan retorika untuk mendukung republik, orator Romawi Cicero beropini bahwa seni membutuhkan sesuatu yang lebih dari kefasihan. Seorang orator yang baik diharapkan juga untuk menjadi orang baik, orang yang tercerahkan dalam banyak sekali topik sipil. Dia menggambarkan pembinaan yang tepat dari orator dalam teks utamanya ihwal retorika, De Oratore, mencontoh obrolan Plato.

Karya-karya modern terus mendukung klaim-klaim kuno bahwa retorika ialah seni yang bisa menghipnotis kehidupan sipil. Dalam karyanya, Political Style, Robert Hariman mengklaim, "Selain itu, problem kebebasan, kesetaraan, dan keadilan sering diangkat dan diatasi melalui pertunjukan mulai dari perdebatan hingga demonstrasi tanpa kehilangan konten moral".

James Boyd White beropini lebih lanjut bahwa retorika tidak hanya bisa mengatasi isu-isu kepentingan politik tetapi itu sanggup menghipnotis budaya secara keseluruhan. Dalam bukunya, When Words Lose Their Meaning, ia beropini bahwa kata-kata persuasi dan identifikasi mendefinisikan komunitas dan kehidupan sipil.

Dia menyatakan bahwa kata-kata menghasilkan "... metode yang dengannya budaya dipertahankan, dikritik, dan diubah." Baik White maupun Hariman baiklah bahwa kata-kata dan retorika mempunyai kekuatan untuk membentuk budaya dan kehidupan sipil.

Di zaman modern, retorika secara konsisten tetap relevan sebagai seni sipil. Dalam pidato, serta dalam bentuk non-verbal, retorika terus dipakai sebagai alat untuk menghipnotis masyarakat dari tingkat lokal hingga nasional.

Sebagai jadwal studi
Retorika sebagai jadwal studi telah berkembang secara signifikan semenjak awal mulanya. Selama berabad-abad, studi dan pengajaran retorika telah mengikuti keadaan dengan urgensi khusus dari waktu dan tempat.

Studi retorika telah sesuai dengan banyak aplikasi yang berbeda, mulai dari arsitektur hingga sastra. Meskipun kurikulum telah berubah dalam beberapa cara, pada umumnya menekankan studi ihwal prinsip dan aturan komposisi sebagai sarana untuk membujuk penonton. Secara umum, studi retorika melatih siswa untuk berbicara dan / atau menulis dengan efektif, serta memahami secara kritis dan menganalisis wacana.

Retorika dimulai sebagai seni sipil di Yunani Kuno di mana siswa dilatih untuk mengembangkan taktik persuasi lisan, terutama dalam perselisihan hukum.  Retorika berasal dari sekolah filsuf pra-Sokrates yang dikenal sebagai kaum Sofis sekitar tahun 600 SM.

Demosthenes dan Lysias muncul sebagai orator utama selama periode ini, dan Isokrates dan Gorgias sebagai guru terkemuka. Pendidikan retoris difokuskan pada lima kanon tertentu: inventio (penemuan), dispositio  (pengaturan), elocutio (gaya), memoria (memori), dan actio (pengiriman).

Retorika kemudian diajarkan di universitas selama Abad Pertengahan sebagai salah satu dari tiga seni liberal orisinil atau trivium (bersama dengan nalar dan tata bahasa ).

Selama periode Abad Pertengahan, retorika politik menurun ketika pidato republik mereda dan kaisar Roma mengumpulkan otoritas yang semakin meningkat. Dengan bangkitnya raja-raja Eropa di abad-abad berikutnya, retorika bergeser ke dalam penerapan yang adil dan religius.

Agustinus memperlihatkan imbas yang kuat pada retorika Nasrani di Abad Pertengahan, menganjurkan penggunaan retorika untuk mengarahkan audiens pada kebenaran dan pemahaman, khususnya di gereja.

Studi ihwal seni liberal, ia percaya, berkontribusi pada studi retoris: "Dalam hal sifat yang tajam dan bersemangat, kata-kata manis akan tiba lebih cepat melalui membaca dan mendengar fasih daripada dengan mengikuti aturan retorika."

Menulis puisi dan surat, misalnya, menjadi komponen sentral dari studi retoris selama Abad Pertengahan. Setelah jatuhnya Republik di Roma, puisi menjadi alat untuk pembinaan retoris alasannya ialah ada lebih sedikit kesempatan untuk pidato politik. Menulis surat ialah bentuk utama yang melaluinya bisnis dilakukan baik di negara dan gereja, sehingga menjadi aspek penting dari pendidikan retoris.

Pendidikan retoris menjadi lebih terkendali ketika gaya dan substansi dipisahkan di Prancis era ke-16 dengan Peter Ramus, dan perhatian beralih ke metode ilmiah. Yaitu, cendekiawan yang kuat ibarat Ramus beropini bahwa proses inovasi dan pengaturan harus diangkat ke domain filsafat, sementara arahan retoris harus berkaitan dengan penggunaan figur dan bentuk lain dari ornamentasi bahasa.

Sarjana ibarat Francis Bacon  mengembangkan studi ihwal "retorika ilmiah." Konsentrasi ini menolak karakteristik gaya yang rumit dari orasi klasik. Bahasa sederhana ini dibawa ke pengajaran John Locke, yang menekankan pengetahuan faktual dan menjauhkan diri dari ornamentasi dalam pidato, lebih lanjut mengasingkan arahan retoris, yang diidentifikasi sepenuhnya dengan ornamentasi ini, dari mengejar pengetahuan.

Pada era ke-18, retorika mengambil kiprah yang lebih sosial, memulai penciptaan sistem pendidikan baru. "Sekolah Elocution" muncul (terutama di Inggris) di mana wanita menganalisis sastra klasik, terutama karya William Shakespeare, dan membahas taktik pengucapan.

Studi retorika mengalami kebangkitan kembali dengan munculnya lembaga-lembaga demokratis pada simpulan era ke-18 dan awal era ke-19. Penulis dan teoritikus Skotlandia, Hugh Blair,  menjabat sebagai pemimpin kunci dari gerakan ini selama simpulan era ke-18.

Dalam karyanya yang paling populer "Ceramah ihwal Retorika dan Belles Lettres", ia menganjurkan studi retoris bagi warga biasa sebagai sumber daya untuk keberhasilan sosial. Banyak perguruan tinggi dan sekolah menengah Amerika Serikat memakai teks Blair sepanjang era ke-19 untuk melatih siswa dalam hal retorika.

Retorika politik juga mengalami pembaruan di belakang revolusi AS dan Prancis. Studi-studi retorik ihwal Yunani dan Roma kuno dibangkitkan dalam studi-studi ihwal era ketika para pembicara dan para guru memandang Cicero dan yang lainnya untuk mengilhami pertahanan republik baru.

Para teoritikus retoris terkemuka termasuk John Quincy Adams dari Harvard yang menganjurkan kemajuan demokratis seni retorik. Pendirian Harvard dari Boylston Professorship of Retorika dan Oratorium memicu pertumbuhan studi retoris di perguruan tinggi di seluruh Amerika Serikat.

Program retorika Harvard menarik inspirasi dari sumber-sumber sastra untuk memandu organisasi dan gaya. Baru-baru ini, ada penelitian yang dilakukan untuk menguji retorika yang dipakai dalam pidato politik untuk mengilustrasikan bagaimana tokoh-tokoh politik akan membujuk khalayak umum untuk tujuan mereka sendiri.

Klub debat dan lyceum juga dikembangkan sebagai lembaga di mana warga negara biasa bisa mendengar pembicara dan mempertajam keterampilan debat. The lyceum Amerika khususnya dipandang sebagai lembaga pendidikan dan sosial, yang menampilkan diskusi kelompok dan dosen tamu. Program-program ini memupuk nilai-nilai demokrasi dan mempromosikan partisipasi aktif dalam analisis politik.

Sepanjang era ke-20, retorika berkembang sebagai bidang studi terkonsentrasi dengan pembentukan kursus retorik di sekolah menengah dan universitas.

Kursus ibarat berbicara di depan umum dan analisis pidato berlaku teori Yunani mendasar (seperti mode persuasi: etos, pathos, dan logo) serta jejak perkembangan retoris sepanjang perjalanan sejarah.

Retorika telah mendapatkan reputasi yang lebih terhormat sebagai bidang studi dengan munculnya departemen Ilmu Komunikasi serta jadwal Retorika dan Komposisi dalam departemen bahasa Inggris di universitas dan bersamaan dengan pergantian linguistik.

Studi retorik telah diperluas cakupannya, dan terutama dimanfaatkan oleh bidang pemasaran, politik, dan sastra.

Retorika, sebagai bidang studi, berkaitan dengan bagaimana insan memakai simbol, terutama bahasa, untuk mencapai kesepakatan yang memungkinkan suatu upaya terkoordinasi semacam itu.

Harvard University, universitas pertama di Amerika Serikat, berdasarkan model Eropa, mengajarkan kurikulum dasar, termasuk retorika. Retorika, dalam pengertian ini, bagaimana memberikan pidato yang benar, memainkan kiprah penting dalam pembinaan mereka. Retorika segera diajarkan di departemen bahasa Inggris juga.

Pengetahuan
Hubungan antara retorika dan pengetahuan ialah problem filosofis usang dan menarik, sebagian alasannya ialah perkiraan kami yang berbeda ihwal sifat pengetahuan.

Tetapi cukup terang bahwa pengetahuan terutama berkaitan dengan apa yang umumnya dikenal sebagai "kebenaran", sedangkan retorika berkaitan dengan pernyataan dan pengaruhnya pada penonton.

Kata "retorika" mungkin juga merujuk pada "pembicaraan kosong", yang mencerminkan ketidakpedulian terhadap kebenaran, dan dalam arti retorika ini bertentangan dengan pengetahuan.

Plato secara populer mengkritik kaum Sofis alasannya ialah retorika mereka yang telah membujuk orang-orang untuk menghukum Sokrates temannya hingga mati terlepas dari apa yang benar.

Namun, retorika juga dipakai dalam konstruksi argumen yang benar, atau dalam mengidentifikasi apa yang relevan, inti masalah, dalam pemilihan pernyataan yang benar tetapi sebaliknya tidak penting. Oleh alasannya ialah itu, retorika juga terkait erat dengan pengetahuan.

Eloquentia Perfecta
Eloquentia Perfecta ialah retorika Jesuit yang berada di sekitar seseorang secara keseluruhan, ibarat orang mencar ilmu berbicara dan menulis untuk kebaikan bersama.


Hukum / Kanon

Lima Kanon Retorik berfungsi sebagai panduan untuk membuat pesan dan argumen persuasif. Ini ialah inovasi (proses pengembangan argumen); gaya (menentukan cara menyajikan argumen); pengaturan  (mengatur argumen untuk imbas ekstrim); gaya (gestur, pengucapan, nada, dan kecepatan yang dipakai ketika menyajikan argumen persuasif); dan memori (proses mencar ilmu dan menghafal pidato dan pesan persuasif.)

Di bidang retorik, ada perdebatan intelektual ihwal definisi retorika Aristoteles. Beberapa orang percaya bahwa Aristoteles mendefinisikan retorika dalam bahasa On Retoris sebagai seni persuasi, sementara yang lain berpikir bahwa ia mendefinisikannya sebagai seni penghakiman.

Retorika sebagai seni evaluasi akan berarti retor melihat cara persuasi yang tersedia dengan pilihan. Aristoteles juga menyampaikan retorika berkaitan dengan penilaian.

Salah satu iktikad Aristotelian yang paling populer ialah gagasan ihwal topik (juga disebut sebagai topik umum atau daerah umum).

Meskipun istilah itu mempunyai banyak sekali macam aplikasi (sebagai teknik ingatan atau latihan komposisi, misalnya) yang paling sering disebut "kursi argumen" - daftar kategori pemikiran atau mode daypikir - yang sanggup dipakai oleh pembicara untuk menghasilkan argumen atau bukti.

Topik-topiknya ialah alat heuristik atau inventarisasi yang dirancang untuk membantu para pembicara mengkategorikan dan dengan demikian lebih baik mempertahankan dan menerapkan jenis argumen yang sering digunakan.


Share This :