Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 SD/MI
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 SD/MI - Kurikulum 2013 dirancang untuk membuatkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan perilaku secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka dibutuhkan buku tematik berbasis kegiatan yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru sanggup membuatkan dan memperkaya pengalaman berguru siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan diadaptasi dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan sumbang saran, kritik, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.
Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.
Tentang Buku Siswa
Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Buku Siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan teladan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa membuatkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau membuatkan ide-ide pembelajaran sendiri.
Pada semester 1 terdapat 4-5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya budi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada ahad ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.
Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
Buku ini sanggup dipakai oleh orang bau tanah secara berdikari untuk mendukung kegiatan berguru siswa di rumah.
Pada setiap final pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi kegiatan berguru yang dilakukan anak bersama orang bau tanah di rumah serta saran biar anak dan orang bau tanah bisa berguru dari lingkungan. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam kegiatan berguru siswa.
Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari aneka macam sumber.
Kedudukan Dan Fungsi Buku Siswa
1. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa
Buku ini dipergunakan sebagai panduan kegiatan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga dipakai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan biar siswa sanggup mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan biar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru sanggup membuatkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan kiprah dan fungsi Buku Siswa yang sanggup dirinci sebagai berikut.
a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku mempunyai beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk aneka macam kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibentuk ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya
b. Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada setiap final pembelajaran ada bab yang membutuhkan keterlibatan orang bau tanah untuk membimbing anak dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan orang tua berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
c. Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa sanggup berfungsi sebagai lembar kerja siswa, contohnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa sanggup mengerjakan eksklusif pada Buku Siswa.
d. Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang sanggup dipakai sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai materi portofolio yang sanggup dijadikan sumber evaluasi hasil pembelajaran.
e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan memakai Buku Siswa, guru sanggup mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru sanggup melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang bau tanah sanggup melihat jejak berguru dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak berguru tersebut mempunyai kegunaan sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.
g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.
Di sekolah, guru dan siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memperlihatkan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan perilaku yang dikembangkan. Di rumah, orang bau tanah bersama siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang bau tanah dan siswa.
Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
Pada beberapa bab dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan aneka macam kiprah tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Download Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 SD/MI sebagai berikut:
Demikian semoga materi Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 SD/MI sanggup bermanfaat.
Materi terkait lainnya:
Terima kasih atas kunjungan anda kami tunggu kunjungan anda berikutnya dengan materi berbeda pula.
Share This :
comment 0 comments
more_vert