Iklan

Contoh Sistematika Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)

Contoh Sistematika Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa inggrisnya class action research merupakan salah satu jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan dan mencari solusi masalah-masalah terkait kualitas pembelajaran. Seorang guru tentunya wajib memahami dan harus melakukan PTK semoga kualitas pembelajaran semakin baik dan siswa akan semakin antusias belajar. PTK sekarang menjadi salah satu karya tulis wajib guru dan banyak diperlombakan baik di tingkan propinsi sampai nasional. Pengalaman saya mengikuti lomba karya tulis guru, isi sebuah PTK sanggup mengujii sebuah model belajar, metode berguru atau menciptakan alat peraga dan tentunya harus dibuktikan dengan penerapannya pada acara belajat di kelas. Bagi yang ingin mengetahui sistematika sebuah PTK, berikut saya berikan contohnya.


SISTEMATIKA PTK
1. Bagian Awal
Judul/Cover
Lembar Pengesahan
Pernyataan Keaslian Karya (bermaterai)
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
2. Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latara Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kerangka Teori
B. Hipotesa Tindakan
BAB III METODE
A. Pendekatan Penelitian
B. Waktu dan Tempat Penelitian
C. PRosedur Siklus Tindakan
D. Analisa Data
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
B. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Daftar Pustaka
Lampiran

PENJELASAN
HALAMAN JUDUL
Halaman judul ini memuat judul penelitan, nama peneliti, nama institusi dan tahun pembuatan.
LEMBAR PENGESAHAN
Lembar legalisasi berisi legalisasi oleh kepala sekolah dan pihak terkait lainnya
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
Abstrak berisi saripati/inti unsur-unsur penelitian mencakup: permasalahan, tujuan, mekanisme penelitian, hasil penelitian, kesimpulan dan saran. Abstrak dihentikan lebih dari satu halaman.
DAFTAR ISI
Daftar isi memuat: Pengantar, Daftar Judul dan Sub Judul, Daftar Rujukan dan Lampiran dengan dilengkapi nomor halaman.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Memuat uraian kondisi siswa dan duduk masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas serta pentingnya duduk masalah tersebut untuk dicari solusinya.
B. Perumusan Masalah
Memuat hasil identifikasi dan analisis duduk masalah menjadi rumusan duduk masalah yang ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
C. Tujuan Penelitian
Ditulis sesuai dengan rumusan duduk masalah dan tindakan perbaikan.
D. Manfaat Penelitian
Memuat klarifikasi ihwal manfaat penelitian bagi guru, siswa, forum dan pengembangan pembelajaran
BAB II KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka berisi uraian teori, pendapat pakar dan atau pengalaman aktual yang nantinya akan menghasilkan suatu hipotesis tindakan ialah pemecahan duduk masalah sementara dan nantinya dibuktikan melalui penelitian yang menekankan pada proses bukan hasil.
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
Merupakan uraian mengenai subjek penelitian, tempat, waktu, mekanisme siklus PTK (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi). Rencana proses tindakan diuraiakan secara detail ihwal apa yang harus dilakukan guru dan siswa.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil penelitian mengatakan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementatif dan inovatif dalam pembelajaran.
2. Uraian data hasil penelitian secara rinci dari mulai perencanaan, hasil observasi, pelaksanaan dan refleksi.
3. Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah.
4.Pembahasan sanggup ditulis terpadu dengan menu hasil penelitian, atau ditulis secara terpisah sehabis menu hasil penelitian.
5. Setiap menu hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa kesannya menyerupai itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori atau pakar dalam kajian pustaka.
6. Hasil penelitian mengatakan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementasi hasil penemuan dalam pembelajaran.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Memuat uraian singkat ihwal kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan duduk masalah sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi semua rujukan atau rujukan yang dipakai sebagai pola penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti hukum penulisan daftar pustaka.
LAMPIRAN
Hal-hal yang dilampirkan sanggup berupa: RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, prototipe media pembelajaran, hasil tes, foto, video rekaman dan dokumen lain dianggap perlu dilampirkan.

Sumber dan Gambar:
Kementerian Pendidikan Nasional
disini
Share This :