Membuat dan memakai mind map sangat baik untuk membangun brainstorming siswa perihal inspirasi atau topik sebuah bahan kemudian mengembangkannya menjadi sebuah goresan pena yang utuh. Saat ini berbagai aplikasi atau tools yang memudahkan guru maupun siswa dalam menciptakan mind map. Memang mind map bisa dibentuk manual dengan kertas biasa, namun tentunya kehadiran aplikasi ini bisa menciptakan banyak variasi dalam menciptakan mind map.
Contoh Mind Map Keren, pic: imindmap |
Saya sendiri biasa menawarkan kiprah kepada siswa untuk menciptakan mind map sesudah bahan satu cuilan habis. Mind map ini selain sanggup membantu menciptakan poin-poin penting juga sanggup melihat kecenderungan abjad siswa dari bentuk, tulisan, warna atau gambar yang dibuat.
Anak yang hobi menggambar biasanya akan menciptakan mind map yang anggun dengan ornamen gambar dengan warna di dalamnya. Anak yang cenderung simple dan malas biasanya hanya menciptakan mind map sederhana tanpa warna, tanpa gambar dan goresan pena saja. Guru sanggup memetakan kecenderungan abjad anak dengan mind map ini.
Anak yang hobi menggambar biasanya akan menciptakan mind map yang anggun dengan ornamen gambar dengan warna di dalamnya. Anak yang cenderung simple dan malas biasanya hanya menciptakan mind map sederhana tanpa warna, tanpa gambar dan goresan pena saja. Guru sanggup memetakan kecenderungan abjad anak dengan mind map ini.
Setelah mind map dibuat, aku bisa mencoba menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengomunikasikan mind mapnya di depan kelas. Hal ini untuk menguji seberapa jauh pemahaman setiap anak perihal materi. Guru juga sanggup melihat kemampuan setiap anak ketika mempresentasikan sebuah materi. Dengan demikian anak yang masih kurang dalam berbicara di depan umum sanggup diberikan bimbingan lebih banyak semoga menjadi seorang public speaker yang handal. Berikut ini aplikasi dan tools menciptakan mind mapping gratis yang ada di internet. Kalau aku biasa memakai Mind Mapple (ketik aja di google). Selamat mencoba.
Popplet (iPad)
Aplikasi i Pad
Share This :
comment 0 comments
more_vert