Barcode (juga disebut kode batang atau kode palang) ialah sekumpulan data yang sanggup dibaca oleh mesin ; data biasanya menggambarkan sesuatu ihwal objek yang dilabeli dengan barcode (Contoh sederhananya ialah harga).
Contoh barcode - wikipedia |
Barcode tradisional secara sistematis mewakili data dengan memvariasikan lebar dan jarak garis paralel, dan sanggup disebut sebagai linear atau satu dimensi (1D).
Kemudian, varian dua dimensi (2D) dikembangkan, memakai persegi panjang, titik, heksagon dan contoh geometris lainnya, yang disebut arahan matriks atau barcode 2D.
Awalnya, barcode hanya dipindai oleh alat pemindai khusus yang disebut pembaca barcode (barcode reader). Seiring berkembangnya teknologi, perangkat lunak yang sanggup membaca gambar menyerupai smartphone dan perangkat sejenis juga sanggup dipakai untuk memindai barcode, khususnya barcode 2D.
Barcode diciptakan oleh Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver, kemudian dipatenkan di AS pada tahun 1952 ( US Patent 2.612.994 ).
Penemuan ini didasarkan pada arahan Morse yang diperluas ke batang tipis dan tebal. Namun, butuh lebih dari dua puluh tahun sebelum penemuan ini menjadi sukses secara komersial. Penggunaan awal dari satu jenis barcode dalam konteks industri disponsori oleh Asosiasi Kereta Api Amerika di selesai tahun 1960-an.
Dikembangkan oleh General Telephone and Electronics (GTE) dan disebut KarTrak ACI (Automatic Car Identification), denah ini melibatkan penempatan garis-garis berwarna dalam aneka macam kombinasi pada pelat baja yang ditempelkan pada sisi-sisi kereta luncur.
Dua lempeng dipakai per mobil, satu di setiap sisi, dengan pengaturan garis-garis berwarna yang menyandikan informasi menyerupai kepemilikan, jenis peralatan, dan nomor identifikasi. Pelat dibacakan oleh pemindai lintasan, yang terletak di pintu masuk klasifikasi, sementara kendaraan beroda empat bergerak melewatinya.
Proyek ini ditinggalkan sehabis sekitar sepuluh tahun digunakan, alasannya sistem tersebut terbukti tidak sanggup dipercaya sehabis penggunaan jangka panjang.
Barcode menjadi sukses secara komersial saat mereka dipakai untuk mengotomatisasi sistem checkout supermarket, suatu kiprah yang telah menjadi universal.
Penggunaannya telah menyebar ke banyak kiprah lain yang secara umum disebut sebagai identifikasi otomatis dan pengambilan data (automatic identification and data capture, AIDC).
Pemindaian pertama barcode yang kini ada di mana-mana ialah pada bungkus permen karet Wrigley Company pada bulan Juni 1974.
Kode QR , jenis barcode 2D tertentu, baru-baru ini menjadi sangat populer.
Sistem lain telah membuat terobosan di pasar AIDC, tetapi kesederhanaan, universalitas dan biaya rendah barcode telah membatasi kiprah sistem lain ini, terutama sebelum teknologi menyerupai identifikasi frekuensi radio (RFID) tersedia pada tahun 2000.
Sejarah Barcode
Pada tahun 1948, Bernard Silver, seorang mahasiswa pascasarjana di Drexel Institute of Technology di Philadelphia, Pennsylvania, AS mendengar ketua jaringan masakan lokal, Food Fair, meminta salah satu dekan untuk membuat sistem kerja yang secara otomatis membaca informasi produk selama checkout.
Silver memberitahu temannya, Norman Joseph Woodland ihwal undangan itu, dan mereka mulai mengerjakan aneka macam sistem.
Sistem kerja pertama; memakai tinta ultraviolet, tetapi tinta memudar terlalu gampang dan harganya mahal.
Yakin bahwa sistem itu bisa diterapkan dengan pengembangan lebih lanjut, Woodland meninggalkan Drexel, pindah ke apartemen ayahnya di Florida, dan terus mengerjakan sistem itu.
Inspirasi berikutnya tiba dari arahan Morse, dan ia membentuk barcode pertamanya dari pasir di pantai. Untuk membacanya, ia mengadaptasi teknologi dari soundtrack optik dalam film, memakai bola lampu pijar 500 watt yang bersinar melalui kertas ke tabung photomultiplier RCA935 (dari proyektor film) di sisi jauh.
Pada tanggal 20 Oktober 1949, Woodland dan Silver mengajukan permohonan paten untuk "Klasifikasi Aparatur dan Metode", di mana mereka mendeskripsikan kedua contoh pencetakan linear dan mata banteng, serta sistem mekanik dan elektronik yang diharapkan untuk membaca kode.
Paten itu dikeluarkan pada 7 Oktober 1952 sebagai US Patent 2.612.994 . Pada tahun 1951, Woodland pindah ke IBM dan terus mencoba untuk menarik IBM dalam menyebarkan sistem.
Perusahaan itu risikonya menugaskan laporan ihwal gagasan itu, yang menyimpulkan bahwa keduanya layak dan menarik, tetapi pemrosesan informasi yang dihasilkan akan memerlukan peralatan yang sempat cuti di masa depan.
IBM menyampaikan untuk membeli paten, tetapi usulan itu tidak diterima. Philco membeli paten pada tahun 1962 dan kemudian menjualnya ke RCA beberapa waktu kemudian.
Collins di Sylvania
Selama menjadi sarjana, David Collins bekerja di Pennsylvania Railroad dan sadar akan kebutuhan untuk mengidentifikasi secara otomatis gerbong kereta api.
Segera sehabis mendapatkan gelar masternya dari MIT pada 1959, ia mulai bekerja di GTE Sylvania dan mulai menangani problem itu.
Dia menyebarkan sistem yang disebut KarTrak memakai garis-garis reflektif biru dan merah yang menempel pada sisi mobil, menyandikan pengenal perusahaan enam digit dan nomor kendaraan beroda empat empat digit.
Boston dan Maine Railroad menguji sistem KarTrak pada kendaraan beroda empat watu mereka pada tahun 1961. Pengujian berlanjut hingga 1967, saat Association of American Railroads (AAR) memilihnya sebagai Standar, Identifikasi Mobil Otomatis, di seluruh armada Amerika Utara.
Instalasi dimulai pada 10 Oktober 1967. Namun, kemerosotan ekonomi dan gejolak kebangkrutan di industri pada awal tahun 1970 sangat memperlambat produksi, dan tidak hingga tahun 1974, 95% dari armada telah diberi label.
AAR meninggalkan sistem pada selesai 1970-an alasannya akurasinya yang tidak sesuai, dan gres pada pertengahan 1980-an mereka memperkenalkan sistem serupa, kali ini menurut pada tag radio.
Proyek kereta api telah gagal, tetapi sebuah jembatan tol di New Jersey meminta sistem serupa sehingga bisa dengan cepat memindai kendaraan beroda empat yang telah membeli tiket bulanan. Kemudian Kantor Pos AS meminta sebuah sistem untuk melacak truk yang keluar masuk akomodasi mereka.
Aplikasi ini membutuhkan label retroreflector khusus. Akhirnya, Kal Kan meminta tim Sylvania untuk versi yang lebih sederhana (dan lebih murah) yang sanggup mereka kenakan pada kasus masakan binatang peliharaan untuk pengendalian persediaan.
Komputer Identics Corporation
Pada tahun 1967, dengan sistem kereta api jatuh tempo, Collins pergi ke administrasi mencari pendanaan untuk menyebarkan versi arahan hitam-putih untuk industri lain. Mereka menolak, menyampaikan bahwa proyek kereta api itu sudah cukup besar, dan tidak perlu mempunyai cabang yang lain.
Collins kemudian berhenti dari Sylvania dan membentuk Computer Identics Corporation. Sebagai penemuan pertamanya, Computer Identics mengganti bola lampu pijar dalam sistemnya dengan laser helium-neon, dan juga memasukkan cermin, membuatnya bisa menemukan barcode hingga beberapa kaki di depan scanner.
Hal ini membuat seluruh proses menjadi lebih sederhana dan lebih sanggup diandalkan, dan biasanya memungkinkan perangkat ini untuk menangani label yang rusak, dengan mengenali dan membaca bab yang utuh.
Computer Identics Corporation memasang salah satu dari dua sistem pemindaian pertamanya pada animo semi tahun 1969 di sebuah pabrik General Motors (Buick) di Flint, Michigan.
Sistem ini dipakai untuk mengidentifikasi selusin jenis transmisi yang bergerak pada konveyor overhead dari produksi ke pengiriman. Sistem pemindaian lainnya dipasang di pusat distribusi General Trading Company di Carlstadt, New Jersey untuk mengarahkan pengiriman ke daerah pemuatan yang tepat.
Kode Produk Universal
Pada tahun 1966, National Association of Food Chains (NAFC) mengadakan pertemuan ihwal gagasan sistem checkout otomatis.
RCA, yang telah membeli hak paten Woodland, menghadiri pertemuan dan memulai proyek internal untuk menyebarkan sistem menurut arahan bullseye.
Pada pertengahan tahun 1970-an, NAFC membentuk Komite Ad-Hoc untuk Supermarket AS ihwal Kode Produk Bahan Ajar Seragam untuk menetapkan fatwa dalam pengembangan barcode. Selain itu, ia membuat subkomite simbol-seleksi untuk membantu menstandardisasi pendekatan.
Bekerjasama dengan perusahaan konsultan, McKinsey & Co., mereka menyebarkan 11 digit arahan standar untuk mengidentifikasi produk. Panitia kemudian mengirimkan tender kontrak untuk menyebarkan sistem barcode untuk mencetak dan membaca kode.
Permintaan itu hingga ke Singer, National Cash Register (NCR), Litton Industries, RCA, Pitney-Bowes, IBM dan banyak lainnya. Berbagai pendekatan barcode dipelajari, termasuk arahan linier, arahan bundar konsentrat bullseye RCA, contoh starburst, dan lainnya.
Pada animo semi 1971, RCA memperlihatkan arahan bullseye mereka pada pertemuan industri lain. Para direktur IBM segera menyebarkan sistem mereka sendiri.
Spesialis pemasaran IBM, Alec Jablonover ingat bahwa perusahaannya masih mempekerjakan Woodland, dan ia mendirikan akomodasi gres di North Carolina untuk memimpin pengembangan sistem tersebut.
Pada bulan Juli 1972, RCA memulai tes delapan belas bulan di sebuah toko Kroger di Cincinnati. Barcode dicetak pada potongan-potongan kecil kertas perekat, dan dilampirkan dengan tangan oleh karyawan toko saat mereka menambahkan label harga.
Kode ini terbukti mempunyai problem serius; printer kadang kala mengolesi tinta, membuat arahan tidak sanggup dibaca di sebagian besar orientasi.
Namun, arahan linier, menyerupai yang sedang dikembangkan oleh Woodland di IBM, dicetak garis-garis, sehingga tinta yang berlebihan hanya akan membuat arahan "lebih tinggi" sementara tetap sanggup dibaca.
Jadi, pada 3 April 1973, IBM UPC dipilih sebagai standar NAFC. IBM telah merancang lima versi simbologi UPC untuk persyaratan industri di masa mendatang: UPC A, B, C, D, dan E.
NCR memasang sistem pengujian di Marsh's Supermarket di Troy, Ohio, bersahabat dengan pabrik yang memproduksi peralatan.
Pada 26 Juni 1974, Clyde Dawson mengambil 10 bungkus permen Wrigley's Juicy Fruit dari keranjangnya dan dipindai oleh Sharon Buchanan pada pukul 08:01 pagi.
Paket permen karet dan tanda terima kini dipajang di Smithsonian Institution. Itu ialah penampilan komersial pertama UPC.
Pada tahun 1971, sebuah tim IBM dikumpulkan untuk sesi perencanaan intensif, 12 hingga 18 jam sehari, merencanakan bagaimana teknologi akan dikerahkan dan beroperasi secara kohesif di seluruh sistem, dan menjadwalkan planning peluncuran.
Pada tahun 1973, tim bertemu dengan produsen grosir untuk memperkenalkan simbol yang perlu dicetak pada kemasan atau label semua produk mereka.
Informasi penjualan rinci yang diperoleh oleh sistem gres ini memungkinkan respons yang lebih besar terhadap kebiasaan, kebutuhan, dan preferensi pelanggan.
Hal ini tercermin pada fakta bahwa sekitar 5 ahad sehabis menginstal pemindai arahan batang, penjualan di toko kelontong biasanya mulai naik hingga 10-12% dalam penjualan dan tidak pernah turun.
Ada juga penurunan 1-2% dalam biaya operasi untuk toko-toko tersebut, dan ini memungkinkan mereka untuk menurunkan harga dan dengan demikian meningkatkan pangsa pasar.
Sims Supermarket ialah lokasi pertama di Australia yang memakai barcode, mulai tahun 1979.
Peluncuran barcode global secara publik disambut dengan sedikit skeptisisme dari hebat teori konspirasi, yang menganggap barcode menjadi teknologi pengawasan yang mengganggu.
Dan dari beberapa orang Kristen, mereka menganggap kode-kode tersebut menyembunyikan angka 666, yang dianggap sebagai angka setan.
Fungsi Barcode
1. Barcode berfungsi untuk menandai, mengelompokkan dan mengidentifikasi suatu barang dengan gampang dan cepat. Banyak perusahaan industri yang memakai barcode untuk memudahkan proses penjualan dan penyimpanan produk mereka.
2. Perusahaan industri juga memakai barcode untuk memudahkan mereka mengetahui informasi penjualan dari suatu produk, berapa banyak yang terjual misalnya.
3. Pustakawan memakai arahan garis untuk memudahkan mereka memperoleh informasi mengenai status suatu buku, baik itu sedang dipinjam atau tidak, kapan dan siapa yang meminjam dan sebagainya dengan cepat dan akurat.
4. Banyak pasar, menyerupai supermarket dan minimarket memakai barcode untuk mengidentifaksi suatu barang dan harga barang tersebut dengan lebih cepat dan benar.
5. Untuk mengetahui dari mana barang tersebut berasal, 2 digit pertama barcode memperlihatkan di negara mana barang tersebut terdaftar.
6. Untuk mengurangi kesalahan pengetikan. Kesalahan pengetikan harga barang, jenis barang, asal barang dan data-data lainnya sanggup dihindari kalau memakai barcode.
7. Barcode 2D (mis, QR Code) berfungsi menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang sanggup dipakai pada buku, majalah, surat kabar, iklan, kartu nama ataupun media lainnya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert