Iklan

Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Sd/Mi Edisi Revisi

Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Sd/Mi Edisi Revisi

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi

Dalam Surat Edaran disebutkan bahwa:

Dengan hormat kami kirimkan dokumen Panduan Penilaian di SD Edisi Revisi tahun 2016, menggantikan Panduan Penilaian yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Desember 2015. Panduan Penilaian Edisi Revisi ini mengakomodasi beberapa hal, antara lain: (1). Perkembangan kebijakan dalam bidang pendidikan, khususnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015 ihwal Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menegah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 ihwal Standar Penilaian; (2).Hasil pemantauan dan penilaian pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah pelaksana; dan (3). Masukan dari aneka macam pihak dalam proses revisi dan uji coba dokumen Panduan Penilaian.

Mengingat dalam waktu akrab umumnya sekolah pelaksana Kurikulum 2013 akan melakukan pembagian rapor, kami informasikan bahwa format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini tidak berubah dari edisi sebelumnya: format rapor tetap sama dengan format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Desember 2015. Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi sanggup dipergunakan sebagai teladan pelaksanaan proses penilaian mulai semester genap tahun anutan 2016/2017.
 Dengan hormat kami kirimkan dokumen Panduan Penilaian di SD Edisi Revisi tahun <marquee>Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi</marquee>
Panduan Penilaian SD/MI Edisi Revisi

Pada Bulan Desember 2015, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya yaitu Panduan Penilaian untuk SD (SD).

Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melakukan penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan menciptakan laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.

Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain: (1). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 ihwal Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; (2). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 ihwal Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah; (3). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 ihwal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah; (4). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 ihwal Standar Penilaian Pendidikan; (5). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan kebijakan, mempertimbangkan masukan dari aneka macam pihak serta hasil pemantauan dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan SD melakukan review dan revisi pada panduan penilaian yang diterbitkan sebelumnya, dengan keinginan buku panduan penilaian sanggup lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan semoga sanggup melakukan penilaian dengan baik dan benar.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak atas tugas sertanya dalam menyusun panduan ini, khususnya kepada Tim Penyusun dan Tim Ujicoba Lapangan yang telah bekerja keras sehingga panduan ini sanggup diselesaikan dengan baik. Namun demikian, masukan dan saran terutama dari kepala sekolah, pendidik, dan orangtua akseptor didik sangat dibutuhkan semoga panduan ini sanggup terus disempurnakan di masa yang akan datang.


Demikian ulasan singkat ihwal Panduan Penilaian SD/MI Edisi Revisi semoga bermanfaat.


Share This :