Iklan

Rpp (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

Rpp (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi TerbaruSesuai pedoman/juknis bahwa susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 disusun menurut Permendikbud Nomor : 22 Tahun 2016. Hal ini berlaku untuk semua susunan RPP, dimana dalam mata pelajaran Matematika untuk Kelas 4, Kelas 5, dan kelas 6 disajikan secara terpisah dengan pembelajaran tematik terpadu.
juknis bahwa susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas  RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
  
Berikut salah satu contoh RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA


Satuan Pendidikan      : ................................
Kelas / Semester        :  4 /2
Pelajaran                     : Pengolahan Data
Sub Pelajaran             :   Data
Pertemuan                  : 1
Alokasi waktu              : 90 menit


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.11. Menjelaskan data diri penerima didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

3.11.1. memahami pengertian data.
4.11. Mengumpulkan data diri penerima didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang 
4.11.1. Menjelaskan makna data.

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru siswa bisa memahami makna data
  2. Dengan bimbingan guru siswa bisa mengetahui cara mendapat data
  3. Dengan bimbingan guru siswa bisa membaca data

D.   MATERI
  1. Data

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a ialah siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas kiprah berguru dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati klarifikasi guru wacana arti data, cara mengambil data dan cara membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang

  1. Siswa mengamati cara mendapat data. . (Critical Thinking and Problem Solving)
B.    Menanya
  1. Guru menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya wacana materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.   Menalar
  1. Siswa membaca dan  berdiskusi wacana data. (literasi)
  2. Siswa membaca dan  berdiskusi wacana membaca data. (literasi)
  3. Guru membimbing dan mengarahkan pada siswa.
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham wacana acara yang akan dilakukan

D.   Mencoba
  1. Guru menunjukkan beberapa soal kepada siswa berlatih
  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut  

E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara verbal kepada teman-temanya hasil diskusi dan hasil latihan yang dilakukan dikelompoknya masing-masing . (komunikasi)
  2. Siswa memberikan manfaat berguru data dan diagram yang dilakukan secara verbal di depan sahabat dan guru.
   65 menit

Kegiatan
Penutup
  1. Guru menunjukkan penguatan materi wacana berdiri datar
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan menunjukkan motivasi untuk menambah semangat berguru siswa
  3. Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)

    15 menit



G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik evaluasi sebagai berikut;
Butir soal;
H.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.    BSE KTSP
3.    Papan tulis
4.    Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari  SCI Media

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,



………………………………
NIP………………………….


Selengkapnya tentang RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru menyerupai di bawah ini:


Semoga materi yang kami bagikan ketika ini sanggup bermanfaat.
Link Download lainnya:


Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya.
Share This :