Iklan

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi Di Sd

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi Di Sd

Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD

Pengertian Berfikir tingkat tinggi 
Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite) 

 Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Apa yang dimaksud berfikir? 
  • Menemukan 
  • Menganalisis 
  • Mencipta 
  • Merefleksi 
  • Beragumen 

Thinking is NOT : 
  • Knowing 
  • Remembering 
  • Repeating 
BACA JUGA: panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di Sekolah Dasar
Berfikir tingkat tinggi : 
• Critical thinking & Problem Solving : 
Keterampilan yang sangat esensial pada kala ke -21 
• Critical thinking sanggup dilatih berbasis pembelajaran di kelas 
• Critical problem solving meliputi : 
- Menganalisis situasi yang tidak familiar 
- Mengevaluasi taktik pemecahan masalah 
- Menciptakan metode gres pemecahan masalah 

Difficulity is NOT same as HOT

Mengetahui dari arti kata yang jarang dipakai mungkin sulit tetapi ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).

Berfikir tingkat tinggi == meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan Penekanannya : 
o Transfer satu konsep ke konsep lainnya 
o Memproses dan menerapkan informasi 
o Mencari kaitan dari banyak sekali isu yang berbeda-beda 
o Menggunakan isu untuk menuntaskan masalah 
o Menelaah pandangan gres dan isu secara kritis


Semoga bahan Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi sanggup dimanfaatkan dalam menyusun soal bapak dan ibu semuanya.
Share This :