Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD
Pengertian Berfikir tingkat tinggi
Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite)
Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi di SD |
Apa yang dimaksud berfikir?
- Menemukan
- Menganalisis
- Mencipta
- Merefleksi
- Beragumen
Thinking is NOT :
- Knowing
- Remembering
- Repeating
BACA JUGA: panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di Sekolah Dasar
Berfikir tingkat tinggi :
• Critical thinking & Problem Solving :
Keterampilan yang sangat esensial pada kala ke -21
• Critical thinking sanggup dilatih berbasis pembelajaran di kelas
• Critical problem solving meliputi :
- Menganalisis situasi yang tidak familiar
- Mengevaluasi taktik pemecahan masalah
- Menciptakan metode gres pemecahan masalah
Difficulity is NOT same as HOT
Mengetahui dari arti kata yang jarang dipakai mungkin sulit tetapi ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).
Berfikir tingkat tinggi == meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan Penekanannya :
o Transfer satu konsep ke konsep lainnya
o Memproses dan menerapkan informasi
o Mencari kaitan dari banyak sekali isu yang berbeda-beda
o Menggunakan isu untuk menuntaskan masalah
o Menelaah pandangan gres dan isu secara kritis
Semoga bahan Panduan Menulis Soal Berpikir Tingkat Tinggi sanggup dimanfaatkan dalam menyusun soal bapak dan ibu semuanya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert