Iklan

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu ini bertujuan sebagai contoh bagi guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, dinas pendidikan, masyarakat serta pemangku kepentingan untuk mempunyai pemahaman yang mendalam wacana pembelajaran yang berkualitas.
 Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD

Secara khusus, panduan ini disusun dengan maksud:
  1. Sebagai contoh bagi guru dalam melakukan pembelajaran yang bermutu menurut standar isi, standar proses, standar penilaian, multiliterasi, Pedagogical Content Knowledge, PAKEM, pendekatan saintifik serta banyak sekali pendekatan lainnya.
  2. Sebagai contoh bagi kepala sekolah, sebagai penanggungjawab pendidikan di sekolah, dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan pendidikan nasional terkait dengan pelaksanaan pembelajaran yang bermutu di sekolah dasar.
  3. Sebagai contoh bagi pengawas sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan, sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menunjukkan jaminan mutu di lingkungan sekolah binaannya, terkait dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Keterpaduan menjadi salah satu ciri Kurikulum 2013. Kurikulum terpadu yang dimaksud yaitu kurikulum yang menghubungkan banyak sekali disiplin ilmu dalam bentuk keterpaduan. Kompetensi-kompetensi yang akan dicapai menurut mata pelajaran dihubungkan dalam satu jaringan kompetensi untuk menjelaskan suatu konteks yang menggambarkan keterpaduan. Ada banyak sekali bentuk keterpaduan yang terdiri atas dua kelompok besar, yaitu keterpaduan bahan dan keterpaduan kompetensi atau capaian pembelajaran.

A. Keterpaduan Materi Pembelajaran

Keterpaduan bahan pelajaran terdiri atas keterpaduan di dalam mata pelajaran, antarmata pelajaran, dan di luar mata pembelajaran. Keterpaduan tersebut memakai pendekatan intradisipliner, multidisipliner, interdisipiliner, dan transdisipliner yang digambarkan ibarat denah berikut.
 Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
Keterpaduan Materi Pembelajaran

B.Keterpaduan Capaian Pembelajaran

Sejalan dengan Kurikulum 2013 yang memuat kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, keterpaduan capaian pembelajaran diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang bertujuan mencapai tiga kompetensi tersebut secara utuh.

Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu yang dikembangkan oleh Forgaty, yaitu (1) the fragmented model (model terpisah); (2) the connected model (model terhubung); (3) the nested model (model tersarang); (4) the sequenced model (model terurut); (5) the shared model (model terbagi); (6) the webbed model (model jaring laba-laba); (7) the threaded model (model disusupkan); (8) the integrated model (model terpadu); (9) the immersed model (model terbenam); (10) the networked model(model jaringan). Contoh model pembelajaran terpadu dari Forgaty yang diterapkan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu the webbed model (model jaring laba-laba) dan the integrated model (model terpadu).

1.The Integrated Model (Model Terpadu)

Model terpadu memadukan banyak sekali bidang studi menurut keterampilan, konsep, dan perilaku yang saling tumpang tindih. Pembelajaran model terpadu dirancang menurut satu acara yang dilakukan untuk mencapai banyak sekali kompetensi dasar dari banyak sekali disipilin ilmu. Model Terpadu sanggup digambarkan sebagai berikut:
 Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
The Integrated Model (Model Terpadu)

2.The Webbed Model (Model Jaring Laba-Laba)

Model jaring laba-laba dikembangkan dengan cara memilih tema atau topik sebagai pengait kompetensi banyak sekali mata pelajaran. Tema sanggup ditentukan menurut kebutuhan atau melalui perundingan antara guru dan siswa. Tema dipilih dari hal-hal yang bersahabat dengan siswa. Model jaring laba-laba sanggup digambarkan sebagai berikut:
 Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
The Webbed Model (Model Jaring Laba-Laba)

The Webbed Model (Model Jaring Laba-Laba) ini sejalan dengan pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 jenjang SD.

Pengertian Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
  • Pembelajaran tematik terpadu dilaksanakan dengan prinsip keterpaduan yang memakai tema sebagai pemersatu.
  • Kegiatan pembelajaran memadukan Kompetensi Dasar dari beberapa muatan pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka.
  • Pembelajaran tematik terpadu bermanfaat untuk menunjukkan pengalaman yang bermakna bagi penerima didik, alasannya yaitu ketika penerima didik memahami banyak sekali konsep sanggup melalui pengalaman pribadi dan menghubungkan dengan konsep lain yang telah dikuasai sebelumnya.
  • Tematik terpadu disusun menurut campuran proses integrasi.

Lebih terperinci silahkan download bahan lengkapnya pada tautan berikut ini:
Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
Demikian uraian singkat wacana bahan Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD supaya sanggup bermanfaat.
Baca juga panduan-panduan yang lain:
Share This :