Free Download RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2
RPP yakni rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 yakni pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 wacana Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Free Download RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 |
Sehingga dengan berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, itulah terciptanya cara penyusunan RPP dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual akseptor didik.
- Partisipasi aktif akseptor didik.
- Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan pertolongan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi warta dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen-komponen RPP
Sedangkan Komponen RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yakni sebagai berikut:
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan pembagian terstruktur mengenai rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan sehabis KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
- Sumber Belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
Baca juga; RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 1
Download RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 1 Hidup Rukun di Tempat Bermain.docx
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 3 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 4 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 5 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
- RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 6 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
Demikian klarifikasi bahan Free Download RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 semoga bermanfaat.
Share This :
comment 0 comments
more_vert