Iklan

Rpp Kelas 2 Sd/Mi Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

Rpp Kelas 2 Sd/Mi Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini harus telah memunculkan 4 (empat) macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
 dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru
Dan simpulan dari perjalanan pelaksanaan kurikulum 2013 telah hingga dengan revisi tahun 2017 untuk kelas 1-2-4-5, sedangkan kelas 3 dan kelas 6 mengacu pada revisi tahun 2018 terutama buku pegangan guru dan siswa.

Perbaikan atau revisi kurikulum 2013 yaitu :
  1. mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan periode 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali agenda dan kegiatan pendidikan aksara yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.
Pengintegrasian sanggup berupa :
  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan ekspansi materi pada kurikulum revisi sanggup berupa:
  1. penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan aksara siswa,
  2. penambahan dan penajaman kegiatan mencar ilmu siswa, dan pengaturan ulang waktu mencar ilmu siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan sanggup berupa pembiasaan kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Perlu diingat!

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan periode 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sebenarnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, periode di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan periode 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. 

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan agenda yang rencananya akan diubahsuaikan dengan 5 hari mencar ilmu atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 1 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 2 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 3 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 4 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 5 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 6 Bermain di Rumah Teman.docx
Demikian impian kami sehabis kami berhasil membagikan materi RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru ini sudah tidak muncul lagi istilah belum menyusun/mempunyai/print out RPP, alasannya yaitu hal itu hanya sebuah alasan guru pemalas.

Buka juga link download lainnya:

  1. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 1
  2. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2
  3. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3
  4. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 4
  5. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 1

Terima kasih atas segala partisipasi dan kunjungannya agar bermanfaat. Apabila terdapat keluhan pada ketika anda berkunjung silahkan kirim keluhan anda pada kolom kkomentar atau eksklusif kirim ke email kami di wigunadharma11@gmail.com.
Share This :