Iklan

Traveling Ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

Traveling Ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018
Halo teman-teman sekalian para traveler, kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jogja ketika libur lebaran kemarin. Saya akan berikan info harga tike masuk wisata Goa Pindul dan kegiatan-kegiatan di dalamnya. Meskipun agak telat nulisnya alasannya ialah faktor "m" tapi tidak mengecewakan lah buat informasi.

Jadi ketika libur lebaran kami pulang kampung ke Jogja dan tentunya niscaya jalan-jalan donk. Salah satu tujuan wisata kemarin ialah Goa Pindul di Wonosari. Setelah searching lokasi di google kami berangkat hari Senin. Kenapa pilih hari senin alasannya ialah ketika itu wisatawan sudah berkurang karrena sudah arus balik, jadi gak terlalu padat di lokasi objek wisata nya nanti. Goa Pindul ialah salah satu objek wisata hits di Jogja ketika ini.

Kami berangkat pakai motor dari Bantul bertiga melalui Jalan Paris kemudian masuk ke arah Imogiri. Lewat Imogiri jalanan relatif sepi dan pastinya teduh alasannya ialah menyusuri pegunungan karst yang rimbun. Jika kalian lewat sini tetap harus hati-hati alasannya ialah jalanan curam dan berkelok-kelok. Dari Imogiri ini kami terus menuju arah Mangunan dan mengikuti arah menuju Wonosari.

Setelah satu jam perjalanan kami kemudian hingga di perbatasan Wonosari dan disini ternyata sudah ada pemandu wisata dari Goa Pindul yang siao menjemput pengunjung. Kami kemudian ditanya mau kemana oleh seorang bapak-bapak yang ternyata salah satu pemandu dari Goa Pindul. Setelah bebincang kemudian ia memandu kami ke lokasi dan katanya gratis (bagian paket wisata). Okelah jadi kami ikuti dia hingga lokasi. 

Sekitar 20 menit kemudian kami sudah tiba di wilayah Objek Wisata Goa Pindul Jogja. Di pintu masuk kami diberikan karcis masuk 25 ribu satu motor. Setelah itu kami diarahkan ke salah satu lokasi Agen Wisata Desa Setempat. Disini memangpaket wisata sudah dikelola oleh warga desa, tinggal pilih saja. Untungnya pemandu kami tadi mengarahkan ke lokasi biro wisata yang cukup bersahabat dengan lokasi, terdekat malahan.

Setelah hingga kami kemudian melihat ada beberapa paket wisata di Goa Pindul. Ada 6 rincian paket wisata yaitu sebagai berikut:

1. Paket A = Goa Pindul dan Goa Baru
2. Paket B = Goa Pindul dan Rafting Kali Oyo
3. Paket C = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo dan Goa Baru
4. Paket D = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Baru, Goa Glatik, Goa Sriti
5. Paket E = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Glatik, Goa Baru
6. Paket F = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Bru, Goa Sriti

Kami kemudian menentukan Paket B yang harganya 200 rbuan. Untuk paket lainnya aku lupa, yang terang semakin banyak lokasi makin mahal. Jika kalian mau ke sini pastikan juga sedang animo kemarau. Setelah daftar kemudian kami ganti baju dan disediakan pelampung dan ban untuk rafting. Jangan khawatir alasannya ialah acara ini dipandu oleh pemandu profesional.

Satu pemandu normalnya akan memandu 10 orang wisatawan. Nah jikalau kalian tiba pas puncak libur jangan heran jikalau nanti akan berbagai orang dan lokasi wisata begitu padat, jadi lebih baik cari waktu ketika arus wisatawan sudah menurun, kalau aku pas arus balik lebaran kemarin.

Kami kemudian naik kendaraan beroda empat pick up menuju lokasi pertama yaitu Goa Pindul. Dari daerah biro wisata sekitar 1 km. Nah sehabis hingga di lisan gua kami dibriefing dan berdoa dulu. Terlihat air gua sangat jernih kehijauan dan debit air normal. Kami kemudian naik ban dan mulai masuk perlahan menuju goa. Panjang goa pindul ini sekitar 300 m dengan kedalaman bervariasi. Jika animo penghujan tiba dan debit air naik maka wisata akan ditutup dulu.

Di dalam Goa Pindul ini ada beberapa fenomena menyerupai stalaktit, stalagmit dan pilar. Beberapa kelelawar juga hingga di atap gua. Ada tiga bab utama goa yaitu bab awal, bab tengah (gelap) dan bab akhir. DI bab simpulan ini ada langit gua yang menciptakan cahaya tembus ke dalam sehingga terlihat menyerupai pita cahaya mengagumkan. Disini kami dapat berenang-renang dulu dan jumping dari batuan karst ke bawah.

Setelah keluar goa kami kemudian naik lagi menuju penjemputan dan menuju lokasi rafting Kali Oyo. Perjalanan menuju lokasi start sektiar 15 menitan. Dari lokasi start kami berjalan ke bawah menuju sungai dengan membawa ban. Disini haru shati-hati alasannya ialah batuan dasar ialah gamping yang tajam dan licin. Gunung Kidul populer sebagai geopark kelas dunia sehingga pemandangan kerikil gamping purba ini sangat indah. 

Sampai di sungai kami kemudian pakai ban dan berjalan menysusuri sungai Kali Oyo yang jernih luar biasa dengan tebing-tebing karst di kanan kiri. Rafting berjarak 1 km dari start hingga akhir. Kedalaman sungai bervariasi dari dangkal hingga dalam. Pastikan pelampung terpakai dengan baik. Di tengah-tengah perjalan juga ada riam yang cukup tinggi dan kerikil jumping. Bagi yang mau loncat dari atas ke bawah, boleh mencobanya.

Setelah sektiar 45 satu jam, kami kemudian hingga di simpulan perjalanan dan tentunya sangat letih sekali. Kami naik ke atas sungai dan menunggu jemputan lagi. Dari lokasi simpulan rafting ini kemudian kami kembali ke kantor biro wisata. Ini pertamakali kami mengunjungi Wisata Goa Pindul Jogja dan kalian harus mencobanya. Foto-foto dapat cek di bawah, no edit.
 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

 kali ini aku menyebarkan pengalaman aku dan keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jo Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

Share This :