Iklan

Rpp Kelas 1 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Pengalamanku)

Rpp Kelas 1 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Pengalamanku)
Sesuatu hal yang sangat penting dipersiapkan oleh guru sebelum memberikan materi kepada penerima didik di kelas yaitu menyusun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan menguasai penyusunan RPP menunjukan seorang guru sudah sanggup dipastikan akan menguasai materi yang akan disampaikan pula.
Add caption
Dalam menyusun RPP yang mesti kita persiapkan yaitu Buku Guru dan apabila anda seorang guru Alama di SD kebetulan mengajar kelas 5 maka Buku Guru dan Siswa Kelas 5 juga perlu dipersiapkan.
Baca Kembali: Download RPP Kelas 1 Semester 1
Untuk Mata pelajaran Matematika dan PJOK segala bentuk manajemen pembeljaran maupun penyampaian materi memang dipisah dengan tematik terpadu, sehingga RPP Khusus Matematika Kelas 4 dan RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 memang juga dipisah dengan Tematik terpadu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :   SD Negeri 1 Asemrudung
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   1
Alokasi Waktu                 :   5 x 35 menit

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan fatwa Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sobat dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4:  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
Rekomendasi Terlebih Dahulu: RPP Kelas 4 Tema 1-5 Kurikulum 2013
B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks kisah diri atau personal perihal keberadaan keluarga dengan pemberian guru atau sobat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks kisah diri atau personal perihal keluarga secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1    Mendengarkan kisah guru perihal pengalaman masa kecil
4.4.1    Menceritakan secara ekspresi kejadian masa kecil yang diingatnya

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan sikap di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
3.1.1    Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
4.1.1    Memasangkan simbolsimbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal rujukan irama lagu bervariasi memakai alat musik ritmis
4.8       Memainkan rujukan irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
Indikator
3.2.1    Membedakan rujukan irama lagu memakai alat musik ritmis
4.8.1    Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan memakai alat musik ritmis

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Masa Kecil yang Menyenangkan
¡  Pengalaman Menyanyikan Lagu Hari Merdeka

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang mencakup aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu Bunda Piara. (Mengamati)
¡   Siswa diajak membaca bahu-membahu wacana yang terdapat pada buku siswa.
¡   Siswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan perihal lagu dan wacana pada buku siswa.(menanya)
¡   Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.(mengumpulkan informasi)
¡   Setiap kelompok menceritakan kembali kembali hasil diskusi mereka.(mengkomunikasikan)
¡   Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok. (mengasosiasi)
¡   Siswa mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa. (mengamati dan menanya)
¡   Siswa dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol- simbolnya. (mengumpulkan Informasi)
¡   Siswa di minta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.(mengkomunikasikan)
¡   Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
¡   Siswa berlomba memasangkan simbol sila- sila dalam Pancasila secara berkelompok.
¡   Guru menyebutkan sila- sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol yang dimaksud.
¡    Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan belakang, penerima di barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang bisa mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
¡   Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang  suara dari sila pertama. (mengamati)
¡   Siswa dibimbing oleh guru untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka.
¡   Siswa mengajukan pertanyaan seputar lagu Hari Merdeka. (menanya)
¡   Siswa membandingkan lagu yang diiringi alat musik dan yang dibacakan syairnya.
¡   Siswa menyebutkan alat- alat musik yang mereka ketahui.
¡   Guru menjelaskan alat musik ritmis.
¡   Siswa memilih kartu bergambar alat musik ritmis.
¡   Siswa diminta untuk menyanyikan kembali lagu Hari Merdeka.
¡   Guru menjelaska tanda birama dua pada musik.
¡   Siswa mempraktikkan lagu Hari Merdeka melalui penggunaan alat musik. Alat musik sanggup diganti dengan memakai peralatan dapur ibarat panci, ember, dan botol kaca.(mengkomunikasika)
¡   Bagi siswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta menyanyikan lagu Hari Merdeka, kelompok lainnya mengiringi dengan alat musik.
¡   Lakukan hal tersebut di atas secara giliran. 

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari
¡   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Lagu Bunda Piara.
¡  Gambar burung garuda Pancasila.
¡  10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
¡  Gambar-gambar berbagai alat musik.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
¡  Unjuk Kerja Bercerita
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi perihal Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kemampuan menceritakan kembali hasil diskusi (penilaian kelompok)
Siswa menceritakan kembali hasil diskusi kelompok dengan memakai bahasa Indonesia yang baik
Siswa mence-ritakan kem-bali hasil dis-kusi kelompok dengan meng-gunakan baha-sa Indonesia dan sesekali dibantu deng-an penggu-naan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali hasil diskusi memakai bahasa Indonesia  yang dibantu dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa menceritakan hasil diskusi dibantu guru sepenuhnya
Kepercayaan diri dalam menceritakan pengalaman masa kecil
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan bantuan guru
Belum mempunyai keberanian menceritakan pengalaman masa kecil

Rubrik Pengalaman Menyanyikan Lagu Hari Merdeka
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kemampuan bernyanyi
Memenuhi tiga aspek (hafal syair, nada tepat, dan ekspresif)
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum bisa memenuhi semua aspek
Kepercayaan diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum berani tampil bernyanyi
 Waspada ! <<<<  File wajib didownload  >>>>
Refleksi
1.      Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

2.      Siswa saja yang perlu mendapat perhatian khusus
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

3.      Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

4.      Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil menciptakan kisah sendiri, berikan kata-kata pemberian untuk siswa

Pengayaan
Memberikan aktivitas kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi sasaran pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah




Marmin, S.Pd.SD.
NIP. 19660423 199003 1 008

Asemrudung,                       2018
Guru Kelas 1




Silvi Aulia Renitasari, S.Pd.
NIP. -

Beberapa materi lengkapnya tentang RPP Kelas 1 Tema 5 Subtema 1-4 Revisi 2017.doc yang kami jelaskan di atas secara hanyalah materi yang mungkin telah dimiliki oleh bpak/ibu, namun tidak ada salahnya apabila ternyata juga belum mempunyai, maka sanggup dipergunakan sebagai materi suplemen perlengkapan manajemen pembelajaran.
Share This :