Iklan

Perbedaan Stalaktit Dan Stalagmit

Perbedaan Stalaktit Dan Stalagmit
Pernahkah kau pergi mengunjungi gua kapur?Jika pernah maka akan menemukan banyak stalaktit dan stalagmit disana. Lalu apa perbedaan kedua fenomena geologi tersebut?Berikut ulasannya. Stalaktit dan stalagmit merupakan jenis deposit mineral yang biasa ditemukan pada gua-gua dan terbentuk oleh proses solusional dan deposisi. Stalaktit menggantung ke bawah dari langit-langit gua sedangkan stalagmit muncul dari dasar gua mengarah ke atas. Berikut perbandingan antara stalagnit dan stalagmit di banyak sekali aspek.

Definisi
Stalaktit yaitu jenis deretan geologi yang menggantung dari langit-langit gua, mata air panas atau struktur bangunan buatan insan ibarat jembatan dan tambang. 
Stalagmit yaitu jenis fromasi batuan yang naik dari dasar atau lantai gua alasannya yaitu akumulasi materi tersimpan di lantai gua dari tetesan di langit gua.
Pembentukkan
Stalaktit terbentuk dikala air yang mengandung banyak sekali macam mineral terangkut menetes dari langit-langit gua.
Stalagmit terbentuk dari akumulasi tetesan air bercampur mineral yang hingga ke dasar gua.
Arah
Stalaktit mengarah dari atas ke bawah. Stalagnit mengarah dari bawah ke atas.
Asal Bentukkan
Stalaktit sanggup dibuat dari pelarutan kerikil kapur, lava, es, mineral, lumpur, gambut atau pasir. Stalagmit sanggup dibuat dari pelarutan kerikil kapur, lava, es, lumpur, gambut, beton. Baca juga: Proses terbentuknya materi galian di bumi
Stalaktit dan Stalagmit di Gua Karst
Kedua jenis bentukkan di atas merupakan jenis speleothems yaitu deposit mineral yang terbentuk pada bab dalam sebuah gua melalui pengendapan mineral ibarat Kalsium Karbonat yang membentuk kerikil kapur. Dikarenakan mereka terbentuk dari proses yang sama maka stalaktit dan stalagnit sanggup tumbuh dan terhubung satu sama lain dan disebut Kolom (Colums).
Tipe Pembentukkan
Batu Kapur
Bentuk paling umum dari stalaktit dan stalagmit muncul di wilayah karst atau gua kapur dan dibuat dari pelarutan CaCO3. Pembentukkannya sanggup memakan waktu hingga ribuan tahun tergantung kecepatan fatwa air di dinding gua.
Lava
Stalaktit dan stalagmit sanggup terbentuk juga di area kubah lava dengan fatwa lava yang masih aktif. Pembentukkan dari lava ini relatif singkat yaitu  dalam hitungan jam, hari dan ahad tidak ibarat pada wilayah karst yang lama.
Es
Stalaktit dan stalagmit tipe ini terbentuk kalau suhu beku menciptakan fatwa es dari atap gua memadat. Proses pembentukkannya relatif cepat sama halnya dengan tipe lava.
Beton
Manusia juga sanggup menciptakan struktur stalaktit dan stalagmit dengan memakai beton. 
Gua Bercahaya di Guanxin China
Stalaktit terbesar di dunia terdapat di White Chamber, Jeita Grotto Lebanon. Jeita Grotto merupakan adonan dari dua buah gua kapur yang terhubung satu sama lain dan merupakan gua terpanjang di Timur Tengah. Sedangkan stalagmit terbesar di dunia terdapat di Cueva Martin Inferno Kuba dengan tinggi mencapai 62.2 meter. Gua ini mempunyai senyawa kalsium unik yang disebut dengan bunga gipsum. Gua ini merupakan habitat alami kelelawar kupu-kupu yaitu jenis kelelawar terkecil di dunia. Untuk lebih memahami wacana proses pembentukan stalaktit dan stalagmit silahkan lihat animasinya di postingan berikut. Animasi Genesa Stalaktit dan Stalagmit.

Sumber dan Gambar: disini, disini
Share This :