Iklan

Rpp Matematika (Garis Dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Rpp Matematika (Garis Dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Di bawah ini yakni salah satu pola RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 yang telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasan dan Menengah.

Di bawah ini yakni salah satu pola RPP Matematika Kelas  RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
RPP Matematika (Garis dan Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Pelajaran
Sub Pelajaran
Pertemuan
Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:
SD Negeri 1
4/2
Hubungan Antar Garis
Pengertian dan Jenis Garis
1
90 menit

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.


B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.10. Menjelaskan relasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret.
3.10.1. Menjelaskan arti garis dan jenisnya
4.10. Mengidentifikasi relasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret.
4.10.1. Mengidentifikasi dan mengimplentasikan  berbagai jenis garis

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru siswa bisa memahami arti garis dan jenisnya
  2. Dengan bimbingan guru siswa bisa mengetahui implementasi dari jenis garis
D.   MATERI
  1. Pengertian dan jenis garis
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas kiprah berguru dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati klarifikasi guru wacana pengertian garis. 
  2. Siswa mengamati klarifikasi guru wacana relasi bab pecahan garis. 

B.    Menanya
  1. Guru menawarkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya wacana materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C.   Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya wacana relasi implementasi bab bab garis pada sumbu koordinat. (Gotong Royong, Mandiri) 
  2. Guru membimbing dan mengarahkan siswa
  3. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham wacana acara yang akan dilakukan

D.   Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan secara verbal kepada teman-temanya wacana garsis dan pola penggunaan di implementasi lapangan(Comunicatian)
Siswa memberikan manfaat berguru secara verbal di depan sahabat dan guru.
65 menit
Kegiatan
Penutup
Guru menawarkan penguatan materi wacana berdiri datar
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan menawarkan motivasi untuk menambah semangat berguru siswa
Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri)
Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
    15 menit


G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian.
Butir soal;
Memahami penggunaan dan makna dari jenis jenis garis !

H.   SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
  2. BSE KTSP
  3. Papan tulis
  4. Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari JGC

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….
 Baca juga: RPP Matematika Kelas 4 Semesater 2 Kurikulum 2013 wacana Sudut
Mengetahui
Kepala Sekolah,




………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,




………………………………
NIP………………………….


 Lebih lengkap dan jelasnya silahkan download di bawah ini, sesuai pilihan kebutuhannya.


Mudah-mudahan materi ini sanggup membantu bapak dan ibu guru SD khususnya yang mengajar kelas 4, sehingga manajemen akan segera terlengkapi.
Share This :