Iklan

Rpp Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Rpp Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Revisi Terbaru

RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Revisi Terbaru

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah khususnya  pada poin "Komponen dan Penyusunan RPP" yaitu sebagai berikut:
Baca lebih dulu: RPP Matematika Bangun Datar dan kelengkapannya

Komponen RPP terdiri atas:

  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran supaya penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.

 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah khususnya RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Revisi Terbaru
RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Prinsip Penyusunan RPP

  1. Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  2. Perbedaan individual penerima didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan penerima didik.
  3. Partisipasi aktif penerima didik.
  4. Berpusat pada penerima didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  5. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  6. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan proteksi umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  7. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  8. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  9. Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sebagai pola berikut kami sajikan salah satu pola RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Revisi Terbaru.

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATEMATIKA

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Pelajaran
Sub Pelajaran
Pertemuan
Alokasi waktu
:
:
:
:
:
:
..........................................
4 /2
Pengukuran Sudut
Pengertian dan Pengukuran Sudut
1
90 menit

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.12 Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam sutuan baku dengan memakai busur derajat.
3.12.1. Memahami pengertian dari sudut.
4.12 Mengukur sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat.
4.12.1. Menjelaskan pengertian dari sudut.

C.   TUJUAN
  1. Melalui klarifikasi guru siswa bisa memahami pengertian dari sudut.
  2. Melalui klarifikasi guru siswa bisa memahami menjelaskan pengertian dari sudut.
D.   MATERI
  1. Pengertian Sudut
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas kiprah berguru dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati klarifikasi guru perihal Pengertian dan Pengukuran Sudut, (literasi)

B.    Menanya
  1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya perihal materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.   Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya perihal pengertian dan unsur-unsur pembentuk sudut.

  1. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi
  2. Guru membimbing dan memperlihatkan pembenaran apabila terdapat kesalahan pada siswa
  3. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham perihal kegiatan yang akan dilakukan

D.   Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara mulut kepada teman-temanya perihal pengertian sudut(Comunicatian)
  2. Siswa memberikan manfaat berguru materi ini secara mulut di depan sobat dan guru.
65 menit

Kegiatan
Penutup
  1. Guru memperlihatkan penguatan materi perihal berdiri datar
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memperlihatkan motivasi untuk menambah semangat berguru siswa
  3. Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa (Religius)

    15 menit

G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik evaluasi sebagai berikut;
Butir soal;
1.    Apa pengertian dari sudut ?
2.    Sebutkan unsur pembentuk sudut
3.    Sebutkan cara menamai sudut
H.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.    BSE KTSP
3.    Papan tulis
4.    Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari SCI Media

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,




………………………………
NIP. …………………………

…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,




………………………………
NIP………………………….



Demikian ulasan singkat RPP Matematika (Sudut) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013  Revisi Terbaru semoga bermanfaat.




Share This :