Iklan

Buku Guru Dan Siswa Kelas 7 Smp/Mts K13 Revisi 2017

Buku Guru Dan Siswa Kelas 7 Smp/Mts K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017

Bapak dan ibu guru yang mengajar di jenjang SMP/MTs dan pengguna Kurikulum 2013 berikut ini ulasan wacana "Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013".

1. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa
Buku ini dipergunakan sebagai panduan acara pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga dipakai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan semoga siswa sanggup mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan semoga siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  sanggup berbagi atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan tugas dan fungsi Buku Siswa yang sanggup dirinci sebagai berikut:

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku mempunyai beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibentuk ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada setiap selesai pembelajaran ada bab yang membutuhkan keterlibatan orang renta untuk membimbing anak dalam melaksanakan acara pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa sanggup berfungsi sebagai lembar kerja siswa, contohnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa sanggup mengerjakan pribadi pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang sanggup dipakai sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai materi portofolio yang sanggup dijadikan sumber evaluasi hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan memakai Buku Siswa, guru sanggup mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru sanggup melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang renta sanggup melihat jejak berguru dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak berguru tersebut mempunyai kegunaan sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan        pembelajaran harian yang telah dilakukan.  
2. Kedudukan dan Fungsi Buku Guru
Buku Guru  ialah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini klarifikasi wacana fungsi buku guru.

a. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa
Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan gosip sebagai berikut.
  1. Urutan contoh materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan semoga guru secara sedikit demi sedikit sanggup menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
b. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang sanggup dipakai dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran semoga sanggup membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan wacana teknik dan instrumen evaluasi yang sanggup dipakai dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin mempunyai karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
c. Penjelasan wacana Metode dan Teknik Pembelajaran  yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru memuat gosip wacana metode dan teknik pembelajaran yang dipakai sebagai contoh penyelenggaraan proses pembelajaran.
Demikian semoga bermanfaat.
Share This :