Iklan

Buku Paibp K13 Untuk Siswa Sd/Mi Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018

Buku Paibp K13 Untuk Siswa Sd/Mi Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018

Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif menurut nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan adaptasi beberapa nama mata pelajaran, antara lain, yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif berdasa Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018
Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018
Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusun kompetensi inti. Kompetensi inti yaitu kemampuan yang harus dimiliki akseptor didik melalui kompetensi dasar yang diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan sikap dalam pengamalan pedoman agama dan akal pekerti menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan buku ini yaitu untuk menawarkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang renta akseptor didik.
Baca juga: Buku PAIBP K13 Untuk Guru SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018
Dengan demikian tujuan pembelajaran dibutuhkan sanggup tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu menyebarkan potensi akseptor didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Misi diutusnya Nabi yaitu untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini dipakai struktur gramatika yang memperlihatkan sifat langsung misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur pedoman Islam, pendidikan budbahasa yaitu yang terpenting. Penguatan kepercayaan yaitu dasar. Sementara, ibadah yaitu sarana, sedangkan tujuan hasilnya yaitu pengembangan budbahasa mulia.

Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling tepat imannya yaitu yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya yaitu yang paling baik akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya budbahasa mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan kepercayaan dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan budbahasa yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyebarkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, akseptor didik tidak hanya dibutuhkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia huruf dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa aktivitas keagamaan yang harus dilakukan akseptor didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan aktivitas yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Implementasi Kurikulum 2013 telah mendapat jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh alasannya itu, penulis mengundang para pembaca menawarkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, penulis mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan khususnya di Indonesia.



Demikian semoga materi yang telah kami bagikan ini yaitu Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2017-2018 bermanfaat.
Share This :