Iklan

Buku Siswa (Bs) Kelas 5 Sd/Mi K13 Revisi 2017

Buku Siswa (Bs) Kelas 5 Sd/Mi K13 Revisi 2017

Buku Siswa (BS) Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2017 

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diharapkan buku tematik berbasis kegiatan yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
 Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum Buku Siswa (BS) Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2017
Buku Siswa (BS) Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2017 
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru sanggup membuatkan dan memperkaya pengalaman berguru siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan diadaptasi dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan sumbang saran, kritik, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Kami mengucapkan terima kasih atas donasi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

Tentang Buku Siswa

Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Buku Siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan referensi yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa membuatkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau membuatkan ide-ide pembelajaran sendiri.

Pada semester 1 terdapat 4-5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya logika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada ahad ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

Buku ini sanggup dipakai oleh orang renta secara berdikari untuk mendukung kegiatan berguru siswa di rumah.

Pada setiap simpulan pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi kegiatan berguru yang dilakukan anak bersama orang renta di rumah serta saran supaya anak dan orang renta bisa berguru dari lingkungan. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam kegiatan berguru siswa.
Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari banyak sekali sumber.

Kedudukan Dan Fungsi Buku Siswa

1. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku ini dipergunakan sebagai panduan kegiatan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga dipakai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan supaya siswa sanggup mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan supaya siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  sanggup membuatkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan kiprah dan fungsi Buku Siswa yang sanggup dirinci sebagai berikut.

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku mempunyai beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibentuk ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap simpulan pembelajaran ada bab yang membutuhkan keterlibatan orang renta untuk membimbing anak dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa sanggup berfungsi sebagai lembar kerja siswa, contohnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa sanggup mengerjakan pribadi pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang sanggup dipakai sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai materi portofolio yang sanggup dijadikan sumber evaluasi hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan memakai Buku Siswa, guru sanggup mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru sanggup melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang renta sanggup melihat jejak berguru dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak berguru tersebut berkhasiat sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan        pembelajaran harian yang telah dilakukan.  

Di sekolah, guru dan siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memperlihatkan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan perilaku yang dikembangkan. Di rumah, orang renta bersama siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang renta dan siswa.

Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.

Pada beberapa bab dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan banyak sekali kiprah tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa sanggup menuliskannya pada buku tugas.

Link download Buku Siswa (BS) Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2017


Demikian semoga materi Buku Siswa (BS) Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2017 sanggup bermanfaat.
Share This :