Iklan

Mahalnya Harga Properti Di Banjarmasin

Mahalnya Harga Properti Di Banjarmasin
Hari alasannya yaitu masih libur untuk mengisi acara maka sayadan istri berkeliling di sekitar banjarmasin untuk mencari
perumahan barangkali ada yang cocok. Pembangunan perumahan atau properti kini memang sedang tumbuh pesat di banjarmasin dan sekitarnya.  Namun satu hal yang saya tidak suka di sini yaitu rumah dibangun di atas rawa dengan fondasi kayu dan terlihat kumuh dan gampang reyot kecuali untuk perumahan elit yang menggunakan fondasi beton. Brosur sudah didapat dan ternyata harga rumah dan cicilan di sini sangat mahal dan jauh sekali dengan di jawa. Tidak ada cicilan dibawah satu juta untuk rumah tipe 36 dengan kualitas standar dan berdasarkan saya jauh dibawah rata rata. Tadinya bila ada rumah yang tidak mengecewakan manis saya akan beli dengan kredit KPR namun ternyata disini kondisinya berbeda. 
Banjarmasin memang kota yang dibangun di atas rawa sehingga tidak ada fondasi menyerupai di jawa melainkan menggunakan sistem paku bumi. Ada di salah satu perumahan yang saya lihat rumahnya menyerupai akan ambruk. Nampaknya saya mengurungkan niat untuk membeli properti di sini dan menentukan untuk membangun di jawa saja. Sebenarnya di kawasan kota ada perumahan yang manis namun tentu harganya di atas dua ratus jutaan dan profesi saya belum bisa menyediakan budget hingga segitu. Ya sudahlah mungkin bila ada rezeki tak terduga lain kali saya bisa membeli properti di sini.  Pembangunan perumahan memang kini menyisir wilayah pinggiran dan dahulu tanah yang tadinya rawa kini banyak yang beralih fungsi menjadi perumahan. Bagi anda yang minat berinvestasi di Banjarmasin dan mempunyai modal yang cukup maka tidak ada salahnya membeli properti di kawasan ini alasannya yaitu investasinya yang terus menanjak tajam.
Pertimbangan utama dalam membeli sebuah hunian tentunya yaitu lokasi yang strategis, harga, dan lingkungan. Menurut saya dengan karakteristik lahan berupa rawa, maka membangun rumah di sini perlu dana yang lebih besar dibanding di Jawa alasannya yaitu fondasinya yang berbeda. Kemudian cuaca di sini sangat panas, saya yakin anda yang pertama kali ke Banjarmasin akan mencicipi cuaca yang sangat menguras keringat. Terus terperinci saya kurang sreg dengan kondisi lingkungan di sini begitupun dengan istri saya. Itulah sedikit kisah di hari ini, bagaimana dengan anda?. 

Gambar:
Share This :