Iklan

Rpp Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Rpp Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
 yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Perbaikan atau revisinya pada Kurikulum 2013 yaitu :
  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali jadwal dan kegiatan pendidikan aksara yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.
Pengintegrasian sanggup berupa :
  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan ekspansi sanggup berupa:
  1. penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan aksara siswa,
  2. penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan sanggup berupa pembiasaan kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali acara antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menyebabkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang bahwasanya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, masa di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. 

Penguasaan keterampilan masa 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan jadwal yang rencananya akan diubahsuaikan dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Berikut link download RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
rpp-tema-5-subtema-1-pembelajaran-1.doc
rpp-tema-5-subtema-1-pembelajaran-2.docx

rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-1.doc
rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-2.doc 
rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-3.doc
rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-4.doc 
rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-5.doc 
rpp-tema-5-subtema-2-pembelajaran-6.doc 

Demikian agar materi RPP Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi bermanfaat.

Baca juga:

  1. RPP Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  2. RPP Kelas 4 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  3. RPP Kelas 4 Tema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  4. RPP Kelas 4 Tema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Terima kasih atas segala partisipasinya, agar bermanfaat
Share This :