Iklan

Silabus Pjok Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd/Mi

Silabus Pjok Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd/Mi

Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI

Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI - Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan  bab integral dari acara pendidikan nasional, bertujuan untuk membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis melalui pembekalan pengalaman mencar ilmu memakai acara jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum  <marquee>Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI</marquee>
Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI
Silabus ialah planning pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus merupakan seperangkat planning dan pengaturan wacana kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar. Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut:
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada akseptor didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki akseptor didik

Silabus ini merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran semoga siswa bisa membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis sesuai dengan tujuan. 

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan banyak sekali kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa. 
Baca juga: Silabus Akidah Akhlak K13 Kelas 1-2-3-4-5-6 MI
Bagi sekolah yang tidak mempunyai guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai contoh dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang mempunyai guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) sanggup memakai silabus mata pelajaran PJOK sebagai penggagas inspirasi dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.

A. Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa mempunyai sikap, pengetahuan, keterampilan fisik dan gerak, serta kebugaran jasmani yang sanggup dipakai untuk acara hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan talenta dan minat berolahraga, hidup sehat dan aktif sepanjang hayat yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kerja sama, sportif, tanggung jawab, dan jujur, serta kearifan lokal yang relevan.

B. Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 

Pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK didasarkan pada perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan siswa.Khusus untuk pengembangan kompetensi pada ranah fisik dan motorik, pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK didasarkan pada prinsip pertumbuhan dan perkembangan fisik dan gerak.

C. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah


Kerangka pengembangan kurikulum PJOK SD/MI Kelas I s.d VI mengikuti elemen pengorganisasi kompetensi dasar yaitu Kompetensi Inti (Kompetensi Inti pada kelas I sd VI). Kompetensi Inti dijadikan sebagai payung untuk menjabarkan kompetensi dasar mata pelajaran.

Kompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran PJOK serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan huruf siswa lebih lanjut.
Baca juga: Jurnal Mengajar Mapel PJOK SD Kelas 1 hingga 6 K2013 SD/MI
Pengembangan Kompetensi Dasar  (KD) mengacu pada Kompetensi Inti (KI) yang diadaptasi dengan karakteristik mata pelajaran PJOK dan psiko-pedagogi.

Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI terdiri atas:
  1. Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif 
  2. Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil 
  3. Aktivitas atletik 
  4. Aktivitas beladiri
  5. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani 
  6. Aktivitas senam
  7. Aktivitas gerak berirama
  8. Aktivitas air dan keselamatan diri
  9. Kesehatan

Lebih terperinci wacana Model Silabus PJOK SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 selengkapnya sanggup di unduh pada tautan link unduhan berikut ini:

Silabus ini merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran semoga siswa bisa membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat danpengenalan lingkungan higienis sesuai dengan tujuan.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.

Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan banyak sekali kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.

Bagi sekolah yang tidak mempunyai guru mata pelajaran  PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai contoh dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang mempunyai guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) sanggup memakai silabus mata pelajaran PJOK sebagai penggagas inspirasi dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.

Berikut link download Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI

Demikian ulasan singkat materi Silabus PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI semoga dengan kami bagikan materi ini akan mengakibatkan kemudahan, kelengkapan guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di jenjang SD dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).
Share This :