Iklan

Peranan Geografi Dalam Pendidikan Nasional

Peranan Geografi Dalam Pendidikan Nasional
Pendidikan merupakan proses yang dialami insan sepanjang hayat dan merupakan
salah satu kebutuhan terpenting dalam hidup. Pendidikan sanggup berbentuk pendidikan formal dan pendidikan informal. Dalam pendidikan formal geografi merupakan salah satu pelajaran yang termuat dalam kurikulum Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Lantas seberapa jauh peranan geograif dalam pendidikan nasional. Cita-cita mewujudkan pendidikan nasional sudah dimulai semenjak zaman kolonialisme Belanda sebagai bentuk reaksi terhadap pendidikan Hindia Belanda yang tidak menawarkan kesempatan luas dan merata kepada bangsa Indonesia untuk memperoleh pendidikan layak. Upaya keras tersebut telah melahirkan banyak tokoh-tokoh bangsa yang mempunyai abjad masing-masing.
Perwujudna pendidikan nasional secara de jure direalisasikan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada kalimat "....membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa......". Isi pembukaan Undang-Undang Dasar 45 tersebut menjadi landasan utama dalam penyediaan dan penyelenggaraan pendidikan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.
UU no 20 tahun 1999 perihal Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 menyebutkan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional ialah : "berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab". 
melihat pada tujuan pendidikan nasional diatas, pengajaran Geografi mempunyai peranan besar dalam pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Konsep-konsep keilmuan geografi terutama konsep keruangan dibutuhkan bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan penerima didik pada Tuhan YME sehingga ia akan mengelola ruang bumi Indonesia secara bijaksana dan untuk kepentingan rakyat semata.
Konsep yang dikembangkan pada pengajaran geografi yang penting misalnya ialah bagaimana melihat "lokasi" Indonesia sebagai negara yang strategis ditinjau dari sisi iklim, cuaca, politik, perdagangan dan lainnya. Lokasi strategis sebagai anugerah Tuhan YME ini perlu disyukuri dan dikelola dengan semaksimal mungkin bagi kemakmuran Indonesia. Itulah pola peranan geografi dalam pendidikan nasional. Pemahamam akan kondisi geografis Indonesia diharapakan akan meningkatkan kecerdasan spasial penerima didik.


Gambar:
Share This :